Pengelolaan pusat kegiatan belajar masyarakat (studi multi kasus pada pkbm wahyu surya pelangi campurdarat, nurani tanggung campurdarat dan sinar pagi pagerwojo kabupaten tulungagung) / Mastur - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan pusat kegiatan belajar masyarakat (studi multi kasus pada pkbm wahyu surya pelangi campurdarat, nurani tanggung campurdarat dan sinar pagi pagerwojo kabupaten tulungagung) / Mastur

Mastur (2020) Pengelolaan pusat kegiatan belajar masyarakat (studi multi kasus pada pkbm wahyu surya pelangi campurdarat, nurani tanggung campurdarat dan sinar pagi pagerwojo kabupaten tulungagung) / Mastur. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mastur. 2020. Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Studi Multi Kasus pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Wahyu Surya Pelangi Campurdarat Nurani Tanggung Campurdarat dan Sinar Pagi Pagerwojo Kabupaten Tulungagung). Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ali Imron M.Pd (2) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd dan (3) Drs. Burhanuddin M.Ed. Ph.D. Kata Kunci pengelolaan pusat kegiatan belajar masyarakat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat merupakan wadah kegiatan masyarakat untuk memberdayakan potensi guna mendorong pembangunan di segala bidang antara lain ekonomi sosial dan budaya. Perkembangan pembangunannya saat ini sangat pesat yang membutuhkan tenaga-tenaga yang memliki pengetahuan yang memadai pengetahuan keterampilan yang relevan. Selain itu diperlukan pengelolaan yang tepat diperlukan supaya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dapat bertahan dan terus berkembang. Peningkatan SDM pengajar dan kerja sama antara Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dengan lembaga mitra untuk mendukung pembelajaran pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Disamping perlu tindakan dalam menangani beberapa hambatan yang muncul supaya proses pembelajaran bisa berjalan optimal sesuai target lembaga. Tujuan utama penelitian (1) alam proses pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (2) pemberdayaan sumber daya manusia pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (3) kerja sama antara Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dengan stakeholder dan (4) penyelesaian hambatan pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif rancangan studi multi kasus. Lokasi penelitian adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Wahyu Surya Pelangi Campurdarat Nurani Tanggung Campurdarat dan Sinar Pagi Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data dengan observasi peran serta wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data pada kasus individual dengan model alur Miles dan Huberman (1992) adalah data reduction data display dan conclusion drawing sedangkan analisis data lintas kasus dengan melakukan analisis perbandingan antar kasus sebagaimana yang direkomendasikan oleh Yin (2002). Keabsahan data dengan teknik credibility transferability dependability dan conformability. Hasil menunjukkan bahwa Pertama pengelolaan PKBM meliputi (a) perencanaan ini berguna dalam menentukan program apa yang nantinya akan diselenggarakan oleh PKBM tujuan dan solusi dalam menghadapi hambatan yang muncul (b) pengorganisasian berguna dalam membagi beberapa kelas sesuai dengan usianya supaya bisa dibedakan antara kelas yang berisikan pelajar remaja dan orang dewasa serta pengorganisasian struktur pengelolaan PKBM dengan menentukan tugas masing-masing pengurusnya (c) pelaksanaan ini berperan dalam menentukan siapa yang nantinya menjalankan program PKBM siapa pengajarnya siapa peserta yang diajar dan siapa penanggung jawab programnya dan (d) evaluasi disini berfungsi dalam menilai berhasil tidaknya program yang sudah diselenggarakan atau dijalankan dan menentukan solusi jika ditemukan kendala atau hambatan. Kedua pemberdayaan SDM pada PKBM beberapa kegiatan pemberdayaannya meliputi (a) kegiatan pengajaran diajarkan oleh pengajar yang profesional (b) memberikan pelatihan terhadap pengajar guna meningkatkan skill dalam mengajar peserta didik yang bukan hanya pelajar remaja melainkan juga orang dewasa (c) memberikan tambahan program pendidikan dan keterampilan seperti pendidikan vokasi tata boga dsb. (d) mendatangkan narasumber dari lembaga mitra guna memberikan sosialisasi bagi peserta didik (e) menerapkan program PKBM yang sudah direncanakan sebelumnya dan (f) menyeleksi calon pengajar profesional yang nantinya akan membimbing peserta didik pada PKBM. Ketiga kerja sama antara PKBM dengan stakeholder. Adapun kerjasama lembaga dengan stakeholder membawa manfaat pada pengelolaan PKBM yang meliputi (a) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga memberikan bantuan berupa pembinaan dan motivasi mulai penyusunan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi program yang diadakan oleh PKBM (b) Masyarakat sekitar memberikan respon positif dengan cara mendukung didirikannya PKBM dan ikut serta dalam membantu pengelolaan PKBM (c) Lembaga mitra memberikan bantuan berupa pelatihan dan penempatan kerja bagi lulusan PKBM. Keempat penyelesaian hambatan pengelolaan pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Hambatan-hambatan yang muncu pada pengelolaan PKBM dan solusinya meliputi (a) aspek minat peserta didik solusi atau penyelesaian hambatannya dengan cara mengajak kerja sama masyarakat sekitar dalam pengelolaan PKBM supaya bisa menarik banyak peserta didik yang ikut belajar pada PKBM (b) aspek pendanaan lembaga solusi atau penyelesaian hambatannya dengan cara memanfaatkan dana hasil penjualan produk yang dihasilkan oleh lembaga dan tidak berpangku tangan pada bantuan dana dari pemerintah (c) aspek ketersediaan waktu dalam proses pembelajaran solusi atau penyelesaian hambatannya dengan cara memberikan materi pembelajaran lengkap dengan rangkuman atau ringkasan materinya sehingga peserta didik bisa mempelajarinya di rumah jika penyampaian materi oleh pengajar masih dirasa kurang dan (d) aspek kesibukan pekerjaan dari peserta didik solusi atau penyelesaian hambatannya dengan cara mengadakan kegiatan pembelajaran pada malah hari dan memberikan dispensasi terhadap peserta didik yang tidak bisa hadir karena alasan bekerja

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263280

Actions (login required)

View Item View Item