Penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 10 Malang / Sururul Ain - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 10 Malang / Sururul Ain

Ain, Sururul (2010) Penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 10 Malang / Sururul Ain. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Berdasarkan Masalah minat hasil belajar biologi. Berdasarkan observasi selama bulan April 2010 proses pembelajaran biologi di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 10 Malang tahun ajaran 2009/2010 terdapat beberapa kelemahan yaitu 1) siswa tampak kurang berminat terhadap cara guru dalam menyampaikan materi biologi 2) siswa kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru karena proses pembelajaran biologi cenderung masih berpusat pada guru 3) hasil belajar siswa masih belum tuntas sekitar 45% dari keseluruhan siswa dalam satu kelas 4) siswa masih cenderung berorientasi pada buku teks sehingga kurang memanfaatkan lingkungan sekitar misalnya melalui internet dan sumber lain yang relevan 5) siswa belum pernah diterapkan pembelajaran untuk memecahkan masalah yang autentik dan merumuskan masalah. Berdasarkan hasil observasi tersebut sebaiknya pembelajaran lebih dapat memanfaatkan lingkungan luar untuk menambah pengalaman belajar siswa misalnya melalui internet dan sumber lain yang relevan sebaiknya siswa dibiasakan belajar mandiri untuk berinkuiri dan memecahkan masalah pembelajaran sebaiknya tidak hanya menggunakan metode pembelajaran ceramah dan diskusi saja tetapi juga menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan salah satunya adalah menerapkan Pembelajaran Berdasarkan Masalah dan siswa sebaiknya lebih sering dibentuk kelompok dan diadakan diskusi presentasi agar siswa menjadi terbiasa untuk saling bekerjasama dalam belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti mencoba menerapkan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 10 Malang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus tiga pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 semester genap tahun ajaran 2009-2010 SMA Negeri 10 Malang yang berjumlah 37 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2010. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru catatan lapangan lembar observasi kegiatan siswa laporan hasil diskusi angket minat balajar dan soal tes. Aspek minat belajar siswa dilihat dari hasil observasi kegiatan siswa dan angket minat sedangkan hasil belajar diperoleh dari hasil laporan dan hasil tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBM meningkatkan minat belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari rerata klasikal kegiatan siswa pada siklus I (89%) dan pada siklus II (98 9%) dengan kategori sangat baik serta ii didukung oleh hasil an lisis angket minat belajar yang menunjukkan respon positif siswa terhadap penerapan model PBM. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat dari rerata hasil tes belajar siswa secara klasikal antara siklus I (75 6) dan siklus II (87 35). Peningkatan juga terlihat pada persentase ketuntasan hasil tes belajar siswa antara siklus I (65%) dan siklus II (91 89%). Selain dari hasil tes juga dilihat dari rerata hasil laporan siswa pada siklus I (80 6) dan siklus II (85 73). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran PBM dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 10 Malang dalam pembelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26328

Actions (login required)

View Item View Item