Pengaruh peta konsep berbasis web terhadap keterlibatan pembelajaran pada pembelajaran daring ditinjau dari kemampuan awal/ Izzul Fatawi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh peta konsep berbasis web terhadap keterlibatan pembelajaran pada pembelajaran daring ditinjau dari kemampuan awal/ Izzul Fatawi

Fatawi, Izzul (2020) Pengaruh peta konsep berbasis web terhadap keterlibatan pembelajaran pada pembelajaran daring ditinjau dari kemampuan awal/ Izzul Fatawi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini teknologi telah banyak diterapkan dalam pembelajaran online untuk mendukung pebelajar sebagai strategi untuk meningkatkan keterlibatan retensi dan pemahaman mereka. Peta konsep dikenal sebagai strategi konstruksi pengetahuan yang efektif untuk membantu pebelajar mengatur konsep-konsep penting yang terkait dengan masalah inti domain dalam pengetahuan dan hubungannya dengan konsep-konsep lain. Dengan membangun peta konsep pebelajar menjadi aktif terlibat dalam mengidentifikasi ide-ide sentral dan menghubungkannya satu sama lain. Peta konsep memungkinkan pendidik untuk mengilustrasikan pemikiran kompleks pebelajar sekaligus memberikan informasi bagaimana mereka menyusun pemikiran dan pemahaman tentang materi tertentu. Peta konsep juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pebelajar selama proses belajar dan oleh karena itu dapat digunakan sebagai penilaian formatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara penggunaan peta konsep berbasis web sebagai penilaian formatif terhadap keterlibatan pebelajar dibandingkan dengan sistem penilaian konvensional yang biasanya digunakan dalam pembelajaran online dalam hal ini pertanyaan pilihan ganda berbasis online atau Web-based MCQ. Desain pada penelitian ini menggunakan non-equivalent comaprison groups pretest-posttest yang termasuk dalam quasi eksperimen diawali pretest berupa uji kemampuan awal dan diakhiri dengan posttest yang berupa kuesioner untuk mengukur keterlibatan pebelajar bagi setiap kelompok baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester VI Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang yang berjumlah 81 orang yang mengambil mata kuliah pembelajaran berbasis web dan terbagi dalam tiga kelas paralel. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol mengikuti urutan kelas yang sudah ada sebelumnya dan diambil dua kelas pertama sebagai kelompok eksperimen dan kelas ketiga sebagai kelompok kontrol. Untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran terhadap seluruh variabel dari keterlibatan pebelajar dilakukan uji statistik inferensial dari setiap skor kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berupa uji Multivariate analysis of variance (MANOVA) untuk menjawab hipotesis pertama hingga ke sembilan dengan menentukan signifikansi perbedaan seluruh tipe keterlibatan. Sebelum dilakukan uji MANOVA beberapa syarat analisis dijalankan untuk memastikan homogenitas data dan normalitas data dari skor kemapuan awal dan skor keterlibatan pebelajar. Setelah dilakukan analisis diketahui hasil dari penelitian ini adalah (1) Tidak terdapat perbedaan keterlibatan perilaku pada pebelajar yang menggunakan peta konsep berbasis web sebagai penilaian formatif dengan yang menggunakan soal pilihan ganda berbasis web (2) Terdapat perbedaan keterlibatan emosional pada pebelajar yang menggunakan peta konsep berbasis web sebagai penilaian formatif dengan yang menggunakan soal pilihan ganda berbasis web. (3) Terdapat perbedaan keterlibatan kognitif pada pebelajar yang menggunakan peta konsep berbasis web sebagai penilaian formatif dengan yang menggunakan soal pilihan ganda berbasis web (4) Tidak terdapat pengaruh bermakna antara pebelajar yang memiliki kemampuan awal tinggi dan pebelajar yang memiliki kemampuan awal rendah terhadap keterlibatan pebelajar (5) Tidak terdapat pengaruh bermakna antara pebelajar yang memiliki kemampuan awal tinggi dan pebelajar yang memiliki kemampuan awal rendah terhadap keterlibatan emosional (6) Tidak terdapat pengaruh bermakna antara pebelajar yang memiliki kemampuan awal tinggi dan pebelajar yang memiliki kemampuan awal rendah terhadap keterlibatan kognitif (7) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan menggunakan peta konsep berbasis web dan soal pilihan ganda berbasis web sebagai penilaian formatif dengan kemampuan awal terhadap keterlibatan perilaku (8) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan menggunakan peta konsep berbasis web dan soal pilihan ganda berbasis web sebagai penilaian formatif dengan kemampuan awal terhadap keterlibatan emosional (9) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan menggunakan peta konsep berbasis web dan soal pilihan ganda berbasis web sebagai penilaian formatif dengan kemampuan awal terhadap keterlibatan kognitif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263273

Actions (login required)

View Item View Item