Strategi Pembelajaran Karakter di MTs Islamic Boarding School Jember/ Nurul Anam - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi Pembelajaran Karakter di MTs Islamic Boarding School Jember/ Nurul Anam

Anam, Nurul (2020) Strategi Pembelajaran Karakter di MTs Islamic Boarding School Jember/ Nurul Anam. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di dalam pembelajaran, pengembangan potensi pada ranah pembentukan sikap mengalami problem yang mengkhawatirkan. Krisis karakter sangat massif, karena angka kasusnya semakin banyak. Salah satu satu cara untuk mengatasinya adalah mengoptimalkan strategi pembelajaran karakter di sekolah. Salah satu lembaga pendidikan yang sudah menerapkan pembelajaran karakter adalah di MTs Al-Qodiri I dan Nuris 1 Jember. Kedua lembaga tersebut melaksanakan pembelajaran karakter dengan berbagai strategi pembelajaran yang memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri dan tersistem dengan pola Islamic Boarding School, sehingga kedua lembaga tersebut dapat menjadi salah lembaga alternatif dan percontohan untuk menerapkan strategi pembelajaran karakter yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi pembelajaran karakter di MTsIslamic Boarding School Jember. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian multisitus. Penentuan informannya menggunakan tehnik purpossive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya dilakukan secara individual case (reduksi, display danverifikasi data) data cross situs analysis. Pengecekan keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, isi/materi pembelajaran karakter di MTs Islamic Boarding School dipilih dari buku yang ada di dalam kurikulum kolaboratif (kurikulum formal dan pesantren) dan diorganisir dengan model elaboratif, maka hasil pembelajaran karakter dapat meningkat.Salah satuisi/materi ciri khas MTs tersebuta dalah nilai-nilai karakter yang bersumber dari ajaran sufistik. Kedua, supaya perolehan pembelajaran karakter meningkat, maka penyampaian pembelajarannya menggunakan berbagai media pembelajaran (orang, pesan, bahan, alat, teknik, dan lattar) dan bentuk-bentuk pembelajaran (klasikal, mandiri dan kelompok) yang digunakan secara variatif dan kolaboratif. Guru sebagai media berperan sebagai manajer, desainer, pengajar, fasilitator, motivator, evaluator, teladan dan orang tua. Ketiga, supaya perolehan pembelajaran karakter meningkat, pengelolaan pembelajarannya dijadwal24 jam (Islamic Boarding School); dicatat kemajuan belajarnya tiap waktu, hari, tengah dan akhir semester oleh semua pendidik dengan instrumen penilaian dan petugas pengontrol karakter dengan buku saku jujur dan instrument lainnya; diberi motivasi sejak awal sampai akhir pembelajaran dan sejak di dalam kelas, luar kelas dan luar sekolah (pesantren); dandiberi kebebasan kepada siswa untuk melakukan aktifitas pembelajaran, tetapi tetap selalu dikontrol oleh semua elemen (pendidik, satgas KPK atau Biro Pendidikan Karakter, bidang keamanan dan hukuman serta pendamping wilayah atau kamar di pesantren).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263272

Actions (login required)

View Item View Item