Hubungan antara kompetensi technological pedagogical content knowledge (TPACK), efikasi diri, perceived ease of use (PEOU) dan keefektifan integrasi teknologi / Mutiara Sari Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kompetensi technological pedagogical content knowledge (TPACK), efikasi diri, perceived ease of use (PEOU) dan keefektifan integrasi teknologi / Mutiara Sari Dewi

Dewi, Mutiara Sari (2021) Hubungan antara kompetensi technological pedagogical content knowledge (TPACK), efikasi diri, perceived ease of use (PEOU) dan keefektifan integrasi teknologi / Mutiara Sari Dewi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewi Mutiara Sari. 2021. Hubungan Antara Kompotensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Efikasi Diri Perceived Ease of Use (PEOU) dan Keefektifan Integrasi Teknologi. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Ed. M. Pd. (II) Dr. Dedi Kuswandi M. Pd. (III) Saida Ulfa ST. M.Edu Ph.D. Kata Kunci technological pedagogical content knowledge efikasi diri perceived ease of use keefektifan integrasi teknologi. Kompetensi TPACK memiliki keterkaitan dengan faktor penting lainnya pada diri seorang guru dalam kegiatan pembelajaran. Faktor penting tersebut terdiri dari SE PEOU dan demografi. Selanjutnya faktor demografi terdiri dari gender pengalaman mengajar dan latar belakang. Penelitian terkait TPACK masih aktif dilakukan hingga saat ini. Penelitian-penelitian tersebut banyak melahirkan temuan-temuan yang baru. Hal itu mengakibatkan ranah penelitian TPACK terus berkembang dan semakin beragam. Beberapa faktor yang memicu perkembangan ranah dan keragaman temuan dalam penelitian TPACK adalah faktor demografi dan konten atau tema pembelajaran. Perkembangan teknologi yang tidak bisa dihindari mengharuskan guru anak usia dini salah satunya guru Raudhatul Atfhal (RA) memiliki kompetensi pengetahuan teknologi dan pembelajaran (pedagogi dan konten) untuk menunjang pembelajaran di kelas. Gabungan dari kompetensi tersebut dikenal dengan TPACK. Penelitian terkait TPACK pada guru RA dengan segala variabel yang terkait masih sangat jarang dilakukan. Padahal penelitian tersebut berpotensi menghadirkan temuan yang dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan program pembelajaran anak usia dini. Lebih jauh penelitian yang memotret hubungan dari empat variabel (TPACK PEOU SE dan KIT) dengan subyek penelitian guru RA (sejauh pemahaman peneliti) belum pernah dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatory. Ada 4 (empat) variabel yang diamati dalam penelitian ini yaitu technological peadgogical content knowledge (TPACK) sebagai variabel (X) efikasi diri (SE) sebagai variabel (Z) dan perceived ease of use (PEOU) dan keefektifan integrasi teknologi (KIT) sebagai variabel (Y). Subjek dalam penelitian ini adalah guru Raudhatul Atfhal (RA) di Malang (Kabupaten dan Kota Malang). Sampel penelitian diperoleh menggunakan teknik sampel acak proposional (propotional random sampling). Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Ada 218 guru atau 45.5% dari total jumlah populasi berdasarkan pengalaman mengajar lebih dari 5 tahun yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada hubungan antara technological pedagogical content knowledge dengan efikasi diri guru RA 2) tidak ada hubungan antara efikasi diri dengan perceived ease of use guru RA. 3) Ada hubungan antara efikasi diri dengan keefektifan integrasi teknologi guru RA. 4) Tidak ada hubungan antara technological pedagogical content knowledge dengan perceived ease of use guru RA. 5) Tidak ada hubungan antara technological pedagogical content knowledge dengan keefektifan integrasi teknologi guru RA. 6) Ada hubungan antara technological pedagogical content knowledge dengan perceived ease of use melalui efikasi diri guru RA. 7) Ada hubungan antara technological pedagogical content knowledge dengan keefektifan integrasi teknologi melalui efikasi diri guru RA.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263264

Actions (login required)

View Item View Item