Pengaruh seamless learning dan self-regulated learning terhadap metakognitif dan hasil belajar / Ida Rindaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh seamless learning dan self-regulated learning terhadap metakognitif dan hasil belajar / Ida Rindaningsih

Rindaningsih, Ida (2021) Pengaruh seamless learning dan self-regulated learning terhadap metakognitif dan hasil belajar / Ida Rindaningsih. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran dirancang guna mencapai tujuan pembelajaran sehingga meningkatkan kemampuan siswa menghubungkan ilmu dengan dunia nyata dan memaknai setiap materi ajar terhadap penerapan dalam kehidupan. Secara umum pendekatan pembelajaran yang telah diterapkan saat ini masih memisahkan kegiatan belajar yang terjadi di kelas dan di luar kelas atau belum maksimal terhubungnya materi dengan praktik sehari-hari. Untuk itu dibutuhkan seamless learning sebagai pendekatan pembelajaran yang mampu menjembatani pembelajaran formal-informal serta terjadinya kelangsungan pengalaman belajar di konteks yang berbeda didukung dengan ketersediaan perangkat. Siswa diharapkan mampu membangun pengalaman belajar yang berbeda antara yang terjadi di kelas dan di luar kelas akademik dan nonakademik kurikuler dan kokurikuler formal dan informal bahkan daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan). Seamless learning mendukung kontinuitas pembelajaran sehingga siswa mengatur diri sendiri menjadi sadar tentang bagaimana konteks mempengaruhi pengalaman belajarnya. Self-regulated learning (SRL) dibutuhkan siswa agar memiliki kemampuan untuk memunculkan dan memonitor pikirannya perasaannya dan perilakunya dalam mencapai suatu tujuan. SRL menjadi penting bagi siswa memahami dirinya sebagai pembelajar mandiri pembelajar yang sadar diri tegas dan aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan pengaruh pendekatan seamless learning dengan pendekatan saintifik terhadap metakognitif (2) perbedaan pengaruh SRL tinggi dengan SRL rendah terhadap metakognitif (3) perbedaan pengaruh seamless learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar (4) perbedaan pengaruh SRL tinggi dan SRL rendah terhadap hasil belajar (5) interaksi antara pendekatan seamless learning dan SRL terhadap metakognitif (6) interaksi antara pendekatan seamless learning dan metakognitif terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu faktorial 2x2. Subjek penelitian adalah siswa SD Khazanah Ilmu Sidoarjo yang mempelajari mata pelajaran IPA dengan tema Peduli lingkungan sebanyak 92 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes SRL tes metakognitif dan tes hasil belajar berupa soal esai. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah multivariate analysis of variance (manova). Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan yang signifikan pendekatan seamless learning dengan pendekatan saintifik terhadap metakognitif. Pendekatan seamless learning lebih unggul dari pendekatan saintifik terhadap metakognitif dengan nilai F 7 409 dan sig 0 008 (2) terdapat perbedaan signifikan SRL tinggi dengan SRL rendah terhadap metakognitif siswa dengan nilai F 6 740 dan sig 0 011 (3) terdapat perbedaan pendekatan seamless learning dengan pendekatan saintifik yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai F 7 033 dan sig 0 009 (4) terdapat perbedaan signifikan pada siswa dengan SRL tinggi dan SRL rendah terhadap hasil belajarnya dengan nilai F 16 738 dan sig 0 000 (5) tidak terdapat interaksi antara pendekatan seamless learning dan SRL terhadap metakognitif dengan nilai F 0 174 dan tidak signifikan ditunjukkan sig 0 678 gt 0.05 (6) tidak terdapat interaksi antara pendekatan seamless learning dan metakognitif terhadap hasil belajar dengan nilai F 0 127 dan sig 0 723 gt 0 05. Dengan demikian seamless learning dapat menjadi alternatif pendekatan pembelajaran di sekolah dasar yang dapat meningkatkan metakognitif dan hasil belajar siswa. SRL sebagai variabel moderator dapat meningkatkan metakognitif dan hasil belajar meskipun SRL tidak memiliki interaksi dengan pendekatan seamless learning. Hal ini dikarenakan pendekatan seamless learning sebagai variabel independen bisa digunakan oleh siswa SRL tinggi maupun rendah. Peneliti selanjutnya perlu diteliti perbandingan pendekatan pembelajaran seamless learning saintifik ataupun pendekatan pembelajaran lain menempatkan SRL sebagai variabel dependen serta efisiensi pembelajaran dan daya tarik pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263262

Actions (login required)

View Item View Item