Pengembangan model blended universal design untuk meningkatkan hasil belajar Mahasiswa inklusi jurusan pendidikan luar biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Wiwik Dwi Hastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model blended universal design untuk meningkatkan hasil belajar Mahasiswa inklusi jurusan pendidikan luar biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Wiwik Dwi Hastuti

Hastuti, Wiwik Dwi Hastuti (2021) Pengembangan model blended universal design untuk meningkatkan hasil belajar Mahasiswa inklusi jurusan pendidikan luar biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Wiwik Dwi Hastuti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model Blended Universal Design model pembelajaran yang dikembangkan oleh penulis dengan hasil produk perangkat pembelajaran dan media video pembelajaran yang bertujuan memvasilitasi semua mahasiswa S-1 Fakultas Ilmu Pendidikan jurusan Pendidikan Luar Biasa yang terdiri dari mahasiswa tunanetra dan tunarungu serta mahasiswa regular yang sedang mengikuti perkuliahan Micro Teaching agar dapat belajar bersama secara online maupun offline dengan menggunakan video pembelajaran yang dirancang sesuai kebutuhan mahasiswa tersebut. Pengembangan desain model Blended Learning yang digabungkan dengan Universal Design for Learning dalam Pembelajaran Mikro untuk materi keterampilan dasar membuka dan menutup pelajaran dengan produk perangkat pembelajaran. Hasil dari pengembangan Model Blended Universal Design serta media berupa video pembelajaran yang sesuai dengan Model Blended Universal Design. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1) bagaimanakah produk pengembangan desain pembelajaran Model Blended Universal Design yang mampu memfasilitasi mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa regular dan mahasiswa dengan hambatan penglihatan serta mahasiswa dengan hambatan pendengaran dan wicara 2) bagaimana tingkat kelayakan Model Blended Universal Design jika diterapkan dalam pembelajaran mahasiswa inklusi di jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang 3) adakah peningkatan hasil belajar mahasiswa inklusi di jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang setelah diterapkan Model Blended Universal Design Model pengembangan mengacu kepada mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu menganalisis (analyze) merancang (design) mengembangkan (development) menerapkan (implement) dan mengevaluasi (evaluate). Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran sesuai Model Blended Universal Design tes hasil belajar kognitif angket respons mahasiswa rubrik penilaian afektif mahasiswa dan lembar pengamatan hasil belajar keterampilan meliputi (1) lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran dengan video (2) lembar pengamatan penyelidikan pembuatan RPP (3) lembar pengamatan pelaksanaan Pembelajaran Mikro dan lembar pengamatan presentasi. Teknik pengumpulan pada lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran dilakukan oleh dosen observer dengan memberikan check-list pada kolom keterlaksanaan dan memberikan catatan pada kolom bagian bawah lembar tersebut. Pengumpulan data kemampuan hasil belajar kognitif dilakukan dengan memberikan pretest sebelum proses pembelajaran dilakukan dan memberikan post-test sesudah pembelajaran selesai dilakukan Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar baik dari segi kognitif psikomotor dan afektif dari uji kelompok terbatas pre-test dan post-test dikatakan meningkat sehingga keefektifan pengembangan model Blended Universal Design dengan produk perangkat pembelajaran dan video hasilnya sedang/cukup efektif. Kemudian dari respon mahasiswa dengan menggunakan angket menunjukkan hasilnya sangat praktis untuk model Blended-Universal Design produk perangkat pembelajaran dan video. Secara keseluruhan soal tes sebagai asesmen kognitif keterampilan dan afektif yang telah dikembangkan sesuai indikator memiliki skor normalisasi 66 sebesar 0.58 dan termasuk kriteria keefektifan yang sedang. Hal ini berarti perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif psikomotor dan afektif mahasiswa. Model Blended Universal Design mampu meningkatkan hasil belajar Mahasiswa oleh karenanya peneliti mengembangkanya menjadi model yang di gabungkan dari keduanya. Berdasarkan uraian tersebut maka keefektifan produk pembelajaran juga dipengaruhi oleh kesesuaian model Blended Universal Design yang dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajran sehingga mampu meningkatkan hasil belajar keterampilan serta ranah afektif mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263261

Actions (login required)

View Item View Item