Pengaruh metode flipped classroom online menggunakan microsoft teams dan whatsapp dan keterlibatan mahasiswa terhadap kemampuan membaca pemahaman / Reflianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode flipped classroom online menggunakan microsoft teams dan whatsapp dan keterlibatan mahasiswa terhadap kemampuan membaca pemahaman / Reflianto

Reflianto (2021) Pengaruh metode flipped classroom online menggunakan microsoft teams dan whatsapp dan keterlibatan mahasiswa terhadap kemampuan membaca pemahaman / Reflianto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran jarak jauh menjadi alternatif pembelajaran di masa pandemic COVID-19 dalam upaya institusi pendidikan untuk tetap melaksanakan kegiatan pembelajaran dari rumah. Pembelajaran jarak jauh ini ditekankan pada proses pemberian tugas di luar kelas untuk mendorong peserta didik belajar mandiri di rumah salah satu metodenya adalah pembelajaran flipped classroom online. Penggunaan metode flipped classroom online menggunakan WhatsApp telah mendominasi hampir semua kegiatan pembelajaran di Indonesia termasuk juga penggunaan platform Microsoft Teams sebagai media pembelajaran alternatif. Penelitian ini bertujuan menganalisis sejauh mana metode flipped classroom online menggunakan dua media pembelajaran online yang berbeda antara Microsoft Teams dan WhatsApp dan keterlibatan mahasiswa terhadap kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan desain factorial 2 x 3 dengan pretest-posttest nonequivalent control group. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester kedua ekonomi manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sumbar Pariaman dengan jumlah 117 mahasiswa yang terdiri dari dua kelompok dimana 54 mahasiswa mengikuti pembelajaran metode flipped classroom online menggunakan Microsoft Teams (kelas eksperimen) dan 63 mahasiswa mengikuti pembelajaran metode flipped classroom online menggunakan WhatsApp (kelas kontrol). Instrumen penelitian menggunakan kuesioner keterlibatan mahasiswa tes kemampuan membaca pemahaman Microsoft Teams dan WhatsApp. Analisis data menggunakan uji statistic deskriptif dan statistic inferensial dengan Two-Way Anova. Hasil penelitian menyimpulkan metode pembelajaran flipped classroom online menggunakan dua media yang berbeda dan keterlibatan mahasiswa terbukti berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman. Penelitian juga mengungkap terdapat interaksi antara metode pembelajaran flipped classroom oline menggunakan Microsoft Teams dan WhatsApp dengan keterlibatan mahasiswa terhadap kemampuan membaca pemahaman 1) tidak ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara keterlibatan mahasiswa tinggi dan sedang. 2) Ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara keterlibatan mahasiswa sedang dengan rendah dan 3) keterlibatan mahasiswa tinggi dan rendah. Implikasi penggunaan Microsoft Teams dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran flipped classroom online menjadi pilihan alternatif bagi dosen dalam melaksanakan pengajaran jarak jauh di masa pandemic COVID-19. Oleh karena itu kepada dosen Bahasa Inggris disarankan untuk menggunakan media Microsoft Teams dalam melaksanakan metode flipped classroom online untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa pada kondisi khusus dan juga meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263260

Actions (login required)

View Item View Item