Pengaruh model jaringan belajar dan efikasi diri terhadap kemampuan menganalisis dan keterampilan merancang tes berbasis komputer / Adlia Alfiriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model jaringan belajar dan efikasi diri terhadap kemampuan menganalisis dan keterampilan merancang tes berbasis komputer / Adlia Alfiriani

Alfiriani, Adlia (2021) Pengaruh model jaringan belajar dan efikasi diri terhadap kemampuan menganalisis dan keterampilan merancang tes berbasis komputer / Adlia Alfiriani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran online menjadi sangat popular saat ini di pendidikan tinggi hal ini terjadi karena adanya peningkatan penggunaan teknologi digital dan internet kebutuhan untuk meningkatkan keterjangkauan mahasiswa serta sebagai pengganti pembelajaran tatap muka pada masa pandemi COVID 19. Namun pembelajaran online belum memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja mahasiswa khususnya pada kemampuan menganalisis dan keterampilan merancang. Beberapa studi mengungkapkan bahwa kinerja mahasiswa online tidak lebih baik atau sama dengan kelas tradisional. Adapun salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran yang ada saat ini belum bisa mengoptimalkan koneksi dan interaksi yang menjadi komponen utama dalam pembelajaran online yang sukses. Model jaringan belajar diduga dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan diatas. Sementara itu efikasi diri sebagai karakteristik mahasiswa juga diduga dapat mendorong mahasiswa untuk optimal saat berada dalam jaringan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan kemampuan menganalisis mahasiswa berdasarkan kelompok penggunaan model jaringan belajar (2) perbedaan kemampuan menganalisis mahasiswa berdasarkan tingkat efikasi diri belajar online (3) perbedaan keterampilan merancang tes berbasis komputer mahasiswa berdasarkan kelompok penggunaan model jaringan belajar (4) perbedaan keterampilan merancang tes berbasis komputer mahasiswa berdasarkan tingkat efikasi diri belajar online (5) interaksi antara model jaringan belajar dan efikasi diri belajar online terhadap kemampuan meganalisis mahasiswa (6) interaksi antara model jaringan belajar dan efikasi diri belajar online terhadap keterampilan merancang tes berbasis komputer mahasiswa. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan faktorial 2x2. Sebanyak 109 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ldquo Evaluasi Pembelajaran rdquo pada semester ganjil 2010-2021 dilibatkan menjadi subjek penelitian yang di bagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model jaringan belajar kompleks dan kelompok kontrol yang menggunakan model jaringan belajar sosial. Pelaksanaan pembelajaran kedua kelompok dilakukan selama 8 kali pertemuan secara online penuh. Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumen perangkat pembelajaran untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol lembar angket efikasi diri tes esay dan lembar penilaian hasil kerja. Selanjutnya data penelitian dianalisis menggunakan teknik statistik MANOVA dengan bantuan program SPSS 16. Pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 5% ( alpha 0 05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menganalisis antara kelompok mahasiswa yang mengggunakan model jaringan belajar yang berbeda. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menganalisis antara kelompok mahasiswa yang memiliki tingkat efikasi diri yang berbeda. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan merancang tes berbasis komputer antara kelompok mahasiswa yang mengggunakan model jaringan belajar yang berbeda 4) Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan merancang tes berbasis komputer antara kelompok mahasiswa yang memiliki tingkat efikasi diri yang berbeda. 5) Terdapat interaksi antara model jaringan belajar dan efikasi diri terhadap kemampuan menganalisis mahasiswa. 6) Tidak terdapat interaksi antara model jaringan belajar dan efikasi diri terhadap keterampilan merancang tes berbasis komputer mahasiswa. Saran-saran untuk penggunaan model jaringan belajar dan efikasi diri dalam pembelajaran online serta saran untuk penelitian selanjutnya juga disampaikan pada bagian akhir naskah disertasi ini.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:29
Last Modified: 16 Dec 2022 06:32
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263259

Actions (login required)

View Item View Item