Pengaruh strategi project based learning berbantuan website dan gaya kognitif terhadap pemahaman dan aplikasi konsep / Safaruddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi project based learning berbantuan website dan gaya kognitif terhadap pemahaman dan aplikasi konsep / Safaruddin

Safaruddin (2021) Pengaruh strategi project based learning berbantuan website dan gaya kognitif terhadap pemahaman dan aplikasi konsep / Safaruddin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Strategi Project Based Learning (PjBL) berbantuan web merupakan proses pembelajaran yang diawali dengan rancangan proyek seperti persiapan media dan berbagai sumber belajar serta kondisi pembelajaran pelaksanaan proyek berupa identifikasi masalah mendesain dan menyusun jadwal desain prototipe/draf produk mengukur dan menilai serta melakukan perbaikan produk penetapan dan publikasi/produksi produk yang diakhiri dengan penilaian penguatan dan masukan oleh dosen atas produk yang dihasilkan oleh mahasiswa. Strategi PjBL berbantuan web sangat efektif digunakan pada mahasiswa calon guru khususnya pada mata kuliah media dan teknologi pembelajaran karena mahasiswa calon guru akan berhadapan dengan penguasaan kompetensi guru profesional yang cukup kompleks. Dalam kegiatan pembelajaran masalah yang sering dihadapi adalah ketidaksesuaian antara harapan dengan hasil belajar yang didapatkan oleh pembelajar. Berbagai hal yang ikut menentukan hasil belajar yakni karakteristik materi karakteristik pembelajar serta strategi pembelajaran yang diterapkan oleh dosen/pendidik. Gaya kognitif merupakan salah satu karakteristik pembelajar yang harus diperhatikan oleh pendidik sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruhnya strategi PjBL berbantuan web amp gaya kognitif terhadap hasil belajar mahasiswa (pemahaman dan aplikasi konsep) pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan faktorial 2 x 2 dan melibatkan dua kelompok yakni kelompok eksperimen dengan menggunakan strategi PjBL dan kelompok kontrol menggunakan strategi Direct instruction (DI). Gaya Kognitif terdiri dari dua jenis yakni Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) sebagai pemilah atau variabel moderator. Hasil penelitin (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep media dan teknologi pembelajaran yang signifikan antara mahasiswa yang diajar memakai strategi PjBL berbasis web dengan mahasiswa yang diajar memakai strategi direct instruction (2) Terdapat perbedaan aplikasi konsep media dan teknologi pembelajaran yang signifikan antara mahasiswa yang diajar memakai strategi PjBL berbasis web dengan mahasiswa yang diajar memakai strategi pembelajaran DI (3) Terdapat perbedaan pemahaman konsep media dan teknologi pembelajaran yang signifikan antara mahasiswa gaya kognitif FI dan FD (4) Terdapat perbedaan hasil belajar aplikasi konsep media dan teknologi pembelajaran yang signifikan antara mahasiswa gaya kognitif FI dan FD (5) Tidak memiliki interaksi antara strategi PjBL berbantuan web dan strategi DI dengan kelompok gaya kognitif FI dan FD terhadap hasil belajar pemahaman konsep media dan teknologi pembelajaran (6) tidak memiliki interaksi antara strategi PjBL berbantuan web dan strategi DI dengan yang memiliki gaya kognitif FI dan FD terhadap hasil belajar aplikasi konsep media dan teknologi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan strategi PjBL berbantuan web memberi pengaruh lebih baik dalam hal peningkatan hasil belajar baik hasil belajar pemahaman konsep maupun aplikasi konsep. Statistik menunjukan bahwa pemahaman konsep yang menggunakan strategi PjBL berbantuan web mendapat nilai rata-rata 88 31 sedangkan menggunakan strategi DI mendapatkan nilai rata-rata 85 36. Hasil belajar aplikasi konsep dengan menggunakan strategi PjBL berbantuan web mendapat nilai rata-rata 89 07 sementara yang menggunakan DI mendapat nilai rata-rata 85 69. Dan pada gaya kognitif statistik menunjukan bahwa rata-rata pemahaman konsep kelompok mahasiswa gaya kognitif FD lebih baik daripada FI dan pada aplikasi konsep kelompok mahasiswa gaya kognitif FI lebih baik daripada FD. Serta hasil uji statistik menunjukan bahwa tidak tidak ditemukan adanya interaksi antara strategi yang digunakan dan gaya kognitif terhadap hasil belajar baik itu hasil belajar pemahaman konsep maupun hasil belajar aplikasi konsep. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini maka disarankan kepada dosen/ pendidik maupun peneliti untuk memperhatikan penggunaan strategi pembelajaran serta karakteristik pembelajar guna mewujudkan pembelajaran yang berkualitas untuk meningkatkan hasil belajar meskipun hasil statistik menunjukan tidak ditemukan dalam penelitian ini adanya interaksi antara strategi yang digunakan dan gaya kognitif mahasiswa terhadap hasil belajar tetapi penggunaan strategi yang tepat terbukti sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263258

Actions (login required)

View Item View Item