Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dan pengetahuan tacit terhadap hasil belajar kemampuan pemecahan masalah / Totok Chamidy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dan pengetahuan tacit terhadap hasil belajar kemampuan pemecahan masalah / Totok Chamidy

Chamidy, Totok (2021) Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dan pengetahuan tacit terhadap hasil belajar kemampuan pemecahan masalah / Totok Chamidy. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan pebelajar untuk dapat memecahkan masalah menjadi salah satu kemampuan yang diperlukan saat ini. Hal ini juga terjadi dalam pemecahan masalah pada jaringan komputer. Masalah pada jaringan komputer merupakan masalah yang kompleks dan tidak terstruktur yang membutuhkan pemecahan masalah yang efektif. Kemampuan pedagogis dosen dibutuhkan untuk menciptakan inovasi pembelajaran dalam mendukung dan menambah kemampuan pemecahan masalah pebelajar lebih meningkat daripada sebelumnya. Kemampuan memecahkan masalah dapat dikembangkan melalui pembelajaran berbasis masalah. Strategi pembelajaran berbasis masalah bergantung dari salah satu faktor internal dari pebelajar yaitu pengetahuan tacit. Pengetahuan tacit merupakan pengalaman dan kemampuan untuk memecahkan masalah yang tidak terduga yang memerlukan penyelesaian dengan segera. Pengetahuan tacit sangat penting dalam proses pembelajaran karena dapat menentukan kecepatan dalam menyelesaikan masalah. Adapun tujuan penelitian (1) melakukan pengujian ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar kemampuan pemecahan masalah pebelajar yang belajar melalui strategi pembelajaran berbasis masalah dan prosedural (2) menguji perbedaan hasil belajar kemampuan pemecahan masalah pebelajar yang mempunyai pengetahuan tacit tinggi dan pebelajar yang mempunyai pengetahuan tacit rendah (3) menguji interaksi antara strategi pembelajaran berbasis masalah dan procedural dengan pengetahuan tacit terhadap hasil belajar kemampuan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan Quasi Experimental. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Partisipan penelitian berjumlah tujuh puluh tujuh pebelajar dan dibagi menjadi dua kelompok 35 siswa pada kelompok eksperimen dengan pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah dan 42 siswa pada kelompok kontrol dengan instruksi prosedural. Kuesioner digunakan untuk mengukur pengetahuan tacit menggunakan pengukuran pengetahuan tacit untuk akademia. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA dua arah untuk mengetahui hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan signifikan hasil belajar kemampuan pemecahan masalah pebelajar yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran prosedural (2) ada perbedaan signifikan hasil belajar kemampuan pemecahan masalah pebelajar yang mempunyai pengetahuan tacit tinggi dan pebelajar yang mempunyai pengetahuan tacit rendah (3) ada interaksi antara strategi pembelajaran berbasis masalah dan instruksi prosedural dengan pengetahuan tacit terhadap hasil belajar kemampuan pemecahan masalah. Pembelajaran berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kemampuan pemecahan masalah dan penggunaan pengetahuan tacit oleh pebelajar bergantung pada strategi pembelajaran yang dipergunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah dapat mengarahkan pebelajar menggunakan pengetahuan tacit-nya untuk dapat memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263257

Actions (login required)

View Item View Item