Pengaruh strategi project based learning dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan menyelesaikan masalah mahasiswa / Relly Prihatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi project based learning dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan menyelesaikan masalah mahasiswa / Relly Prihatin

Prihatin, Relly (2021) Pengaruh strategi project based learning dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan menyelesaikan masalah mahasiswa / Relly Prihatin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Era abad 21 yang merupakan zaman dengan kemajuan ilmu wawasan dan teknologi yang cepat dan telah terjadi terjadi di seluruh Dunia. Hal itu memicu peningkatan kompetisi yang amat pesat antar negara yang berdampak pada globalisasi didunia. PjBL merupakan suatu strategi pembelajaran yang menggunakan kegiatan proyek atau kegiatan sebagai alat pembelajaran untuk menggapai kompetensi sikap wawasan dan kemampuan. PjBL ialah salah satu inovasi dalam pembelajaran yang bisa dipakai karena PjBL bermaksud melatih mahasiswa dalam berpikir kritis inovatif serta logis aktif bekerja sama dan berbicara serta meningkatkan uraian pembelajaran yang dianjurkan dan memberikan pengalaman luarbiasa kepada mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh PjBL dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan penyelesaian masalah hasil belajar mahasiswa pada matakuliah statistik pendidikan. Peneitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Subjek penelitian melibatkan mahasiswa sebanyak 62 orang yang sedang menempuh perkuliahan semester lima dari keseluruh semester yang harus dilalui untuk menyelesaikan program studi S1 pendidikan di fakultas ilmu tarbiyah yang mengambil matakuliah statistik pendidikan. Jumlah mahasiswa yang dilibatkan sebanyak 62 mahasiswa dan terbagi menjadi 2 kelompok yaitu 1 kelompok yang mendapat perlakuan PjBL drill dan satu kelompok yang mendapat perlakuan PjBL Ekspository. Variabel eksperimen dalam penelitian ini berupa variabel bebas variabel moderator dan variabel terikat Variabel bebas pada penelitian ini adalah cara pelakssanaan strategi pembelajaran PjBL dengan strategi yang berbeda yaitu dengan menggunakan teknik Drill dan Ekspository artinya diberikan secara beruntun dan sekaligus. Variabel moderator pada penelitian ini adalah motivasi belajar. Tujuan adanya varibel moderator adalah untuk menemukan kepastian tentang variabel yang diukur apakah varibel tersebut ikut mempengaruhi varibel terikat. Pada variabel terikat yang ada pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis dan kemampuan penyelesaian masalah hasil belajar pada matakuliah statistik pendidikan. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah soal pretest dan postest yang dikembangkan sesuai dengan tujuan perkuliahan yang tercantum dalam materi pada RPS. Tujuan diadakanya pretest adalah untuk mengetahui sejauhmana kemampuan berpikir kritis dan penyelesaian masalah hasil belajar yang dimiliki mahasiswa sebelum mengalami perlakuan dan sebaliknya. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik MANOVA. Pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 5% ( alpha 0 05). Insrumen yang digunakan adalah berupa soal tes dan kuesioner Hasil Penelitian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis pretest dan postes pada kelas PjBL Drill dan PjBL Ekspository (2) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah antara pretest dan posttest pada kelompok yang menggunakan strategi PjBL Drill dan strategi PjBL Ekspositori (3) Terdapat perbedaan yang signifikansi kemampuan berpikir kritis antara pretest dan posttest mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah (4) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah antara pretest dan posttest mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah (5) Terdapat interaksi antara srtategi pembelajaran PjBL Drill dengan PjBL Ekspository dan Motivasi belajar terhadap hasil belajar kemampuan berpikir kritis pada matakuliah statistik pendidikan (6) Terdapat interaksi antara srtategi pembelajaran PjBL Drill dengan PjBL Ekspository dan Motivasi belajar terhadap hasil belajar kemampuan pemecahan masalah pada matakuliah statistik pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh strategi PjBL terhadap kemampuan berfikir kritis dan kemampuan menyelesaikan masalah mahasiswa maka Hasil temuan adanya interaksi antara srtategi pembelajaran PjBL Drill dengan PjBL Ekspository dan Motivasi belajar terhadap hasil belajar kemampuan pemecahan masalah pada matakuliah statistik pendidikan maka sangat perlu mengintegrasikan faktor motivasi belajar mahasiswa dalam menerapkan strategi pembelajaran PjBL Drill maupun PjBL Ekspository

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263254

Actions (login required)

View Item View Item