Pengaruh picture word inductive model (pwim) berbantuan augmented reality (ar) dan motivasi belajar terhadap peningkatan kosakata bahasa inggris mahasiswa non english department. / Tri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh picture word inductive model (pwim) berbantuan augmented reality (ar) dan motivasi belajar terhadap peningkatan kosakata bahasa inggris mahasiswa non english department. / Tri Wahyuni

Wahyuni, Tri Wahyuni (2021) Pengaruh picture word inductive model (pwim) berbantuan augmented reality (ar) dan motivasi belajar terhadap peningkatan kosakata bahasa inggris mahasiswa non english department. / Tri Wahyuni. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran yang telah dikembangkan yaitu Picture Word Inductive Model berbantuan Augmented Reality (AR based PWIM) dan motivasi belajar terhadap peningkatan kosakata bahasa Inggris (vocabulary). Topic yang digunakan adalah bacaan deskripsi (descriptive text) pada mata kuliah Basic English di prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Teknologi dan Desain Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang yang sebelumnya bernama STMIK Asia Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Subyek penelitiannya melibatkan 60 mahasiswa yang dibagi menjadi 2 yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Variabel-variabel eksperimen dalam penelitian ini berupa variabel bebas variabel moderator dan variabel terikat. Variabel bebasnya adalah strategi pembelajaran PWIM berbantuan AR vs PWIM tidak berbantuan AR. Variabel moderatornya adalah motivasi belajar. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah peningkatan kosakata bahasa Inggris. Instrumen penelitiannya terdiri dari 1) kuesioner motivasi belajar dan 2) tes penguasaan kosakata bahasa Inggris. Data dalam pengujian hipotesis ini menggunakan ANOVA (analysis of variance) berdasarkan rancangan faktorial 2X2 atau dua jalur. Pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 5% ( alpha 0 05). Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh yang signifikan pada peningkatan kosakata bahasa Inggris antara kelompok mahasiswa yang belajar dengan PWIM berbantuan AR dengan kelompok mahasiswa yang belajar dengan PWIM tanpan AR. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. yang didapatkan lebih kecil dari nilai sig alpha (0.012 lt 0.05) (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar tinggi dengan motivasi belajar rendah terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. yang didapatkan lebih besar dari nilai sig alpha (0.000 lt 0.05) dan (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran PWIM berbantuan AR vs PWIM tanpa AR dan motivasi belajar terhadap penguasaan kosakata. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. yang didapatkan lebih besar dari nilai sig alpha (0.066 gt 0.05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran PWIM berbantuan AR memiliki keunggulan dimana pemanfaatan gambar dan teknologi AR membuat mahasiswa memperoleh kosakata yang lebih banyak sehingga berpengaruh pada peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris. Strategi pembelajaran PWIM berbantuan AR bisa digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris mahasiswa non English department khususnya pada topik bacaan deskripsi. Selanjutnya dapat disimpulkan pula bahwa pebelajar yang memiliki motivasi belajar tinggi cenderung mendapatkan nilai tinggi apapun strategi pembelajaran yang digunakan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263253

Actions (login required)

View Item View Item