Model teoritik optimisme akademik siswa SMP/ Vivi Ratnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Model teoritik optimisme akademik siswa SMP/ Vivi Ratnawati

Ratnawati, Vivi (2020) Model teoritik optimisme akademik siswa SMP/ Vivi Ratnawati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ratnawati Vivi. 2019. Model Teoritik Optimisme Akademik Siswa SMP. Disertasi Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (II) Dr. M. Ramli M.A. (III) Dr. Adi Atmoko M.Si. Kata-kata kunci optimisme akademik pola asuh iklim sekolah lokus kendali internal konsep diri Optimisme menjadi hal yang sangat penting untuk dikembangkan di sekolah. Seligman (2006) menjelaskan bahwa optimisme yang dimiliki oleh siswa akan membantunya untuk membuat mereka kebal terhadap berbagai masalah-masalah kesehatan mental seperti depresi. Penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa optimisme dan pesimisme memiliki peranan penting dalam penyesuaian siswa terkait dengan sekolah. Siswa yang memiliki optimisme yang lebih tinggi akan lebih mampu untuk menyesuaikan dengan diri dengan tantangan yang berkaitan dengan sekolah dibandingkan dengan siswa yang lebih pesimistik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih menyeluruh dan kompleks mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi optimisme akademik yaitu dengan menguji model teoritik optimisme akademik dan menjelaskan pengaruh antar faktor dalam model. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan causal relationship explanation terhadap 335 sampel siswa SMP Negeri di kota Kediri. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala optimisme akademik skala pola asuh iklim sekolah lokus kendali internal dan skala konsep diri. Data dikumpulkan dengan alat ukur yang semuanya memiliki nilai unidimensionalitas konstruk (GFI) dan Delta Bentler-Bonnet lebih besar dari 0.900 dan Realibilitas komposit dan Alpha Cronbach lebih besar 0.700. Data di analisis dengan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan program AMOS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model struktural telah layak (GFI 0.994 gt 0.900) dan memperoleh dukungan empiris (X2 246.056 lt 255.6018 p 0.110 gt 0.05). Sehingga model teoritik optimisme akademik telah layak atau fit. Pola asuh demokratis orangtua secara positif dan signifikan mempengaruhi lokus kendali internal. Iklim sekolah secara positif dan signifikan mempengarui konsep diri. Konsep diri secara positif dan signifikan mempengaruhi optimisme akademik. Pola asuh demokratis orangtua secara positif dan signifikan mempengaruhi optimisme akademik. Lokus kendali internal secara positif dan signifikan mempengaruhi optimisme akademik. Iklim sekolah tidak mempengaruhi optimisme akademik (pengaruh negatif dan tidak signifikan). Berdasarkan atas temuan penelitian ini menyarankan bahwa (1) peneliti yang lain untuk melakukan penelitian optimisme akademik dan iklim sekolah di jenjang SD dan SMA (2) Orangtua sebaiknya terlibat langsung dalam pengasuhan dengan melakukan pendampingan terhadap siswa terutama ketika mendapat kesulitan dalam belajar memantau kegiatan mereka membantu dalam pengambilan keputusan dengan pertimbangan baik-buruknya sehingga sikap optimis pada anak semakin kuat (3) Orangtua sebaiknya bisa menjadi teman diskusi bagi anak tentang masalah belajarnya (4) Kepala Sekolah dan guru pengajar diharapkan bisa menciptakan iklim sekolah yang baik yang berkaitan dengan hubungan yang baik antar sesama siswa atau guru pemahaman yang baik tentang kedisiplinan dan persepsi dan pemahaman yang baik pula terhadap fasilitas sekolah (5) Guru sebaiknya mebiasakan untuk bisa berinterasksi dengan teman sekolah berinterakasi siswa dengan orang tua hubungan dengan lingkungan masyarakat kemandirian dan kematangan emosi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263251

Actions (login required)

View Item View Item