Pengembangan panduan teknik disputing irrational beliefs (dibs) bermuatan nilai cinta damai serat wulangreh untuk mengurangi agresi verbal siswa smp / Yunita Dwi Setyoningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan teknik disputing irrational beliefs (dibs) bermuatan nilai cinta damai serat wulangreh untuk mengurangi agresi verbal siswa smp / Yunita Dwi Setyoningsih

Setyoningsih, Yunita Dwi (2021) Pengembangan panduan teknik disputing irrational beliefs (dibs) bermuatan nilai cinta damai serat wulangreh untuk mengurangi agresi verbal siswa smp / Yunita Dwi Setyoningsih. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lingkungan sekolah merupakan tempat bagi siswa mengembangkan karakter baik agar tercipta suasana kedamaian bersama seluruh civitas sekolah. Namun sampai saat ini masih terdapat siswa yang merasa minim adanya kedamaian di sekolah salah satu persoalan sering terjadi di sekolah yaitu agresi verbal yang disebabkan karena cara berpikir irasional. Permasalahan agresi verbal mengindikasikan bahwa perlu penanaman nilai cinta damai pada setiap diri siswa. Pelibatan unsur budaya pada nilai cinta damai dalam Serat Wulangreh yaitu Tepo Sariro Karyanira Asih dan Rereh diharapkan dapat mengurangi agresi verbal diperoleh melalui ajaran nilai moral sebagai wujud mengedepankan suasana kedamaian yang akan menghasilkan manusia yang damai serta menciptakan karakter yang mencintai kedamaian. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dikembangkan panduan teknik Disputing Irrational Belief (DIBS) bermuatan nilai cinta damai Serat Wulangreh untuk mengurangi agresi verbal pada siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku panduan teknik Disputing Irrational Belief (DIBS) bermuatan nilai cinta damai Serat Wulangreh untuk mengurangi agresi verbal pada siswa SMP yang layak menurut penilaian ahli dan calon pengguna dan menghasilkan teknik Disputing Irrational Belief (DIBS) bermuatan nilai cinta damai Serat Wulangreh yang efektif untuk mengurangi agresi verbal siswa SMP. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development) dari Borg amp Gall (1983) yang dengan memodifikasi pada kesepuluh tahapan menjadi tiga tahap pra pengembangan pengembangan dan pasca pengembangan. Instrument pengumpulan data berupa penilaian uji ahli penilaian calon pengguna skala agresi verbal wawancara dan observasi agresi verbal. Teknik yang digunakan untuk menganalisa data uji ahli dan uji calon pengguna menggunakan validitas isi Aiken rsquo s sedangkan uji efektifitas panduan menggunakan analisis data visual dari observasi agresi verbal dengan memperhatikan panjang kondisi kecenderungan arah tingkat stabilitas dan perubahan dalam kondisi dan juga tingkat antar kondisi serta analisis deskriptif. Analisis hasil pengujian menunjukan pada spesifik isi buku panduan ahli materi bimbingan dan konseling diperoleh indeks validasi sebesar 0 63 (sedang) ahli budaya diperoleh indeks validasi sebesar 0 81 (tinggi) calon pengguna diperoleh indeks validasi sebesar 0 87 (tinggi) sedangkan pengujian pada spesifik format buku panduan oleh ahli media diperoleh indeks validasi sebesar 1 00 (tinggi). Analisis hasil efektifitas penerapan buku panduan pada tiga konseli SG FK dan KK terbukti telah terjadi perubahan level yang dilihat dari perubahan skor pada kondisi A baseline menurun pada skor B intervention dan juga menurun pada kondisi A maintenance baik pada kondisi pengukuran dengan skala agresi verbal maupun pada observasi agresi verbal. Demikian juga terdapat pada perubahan level dan kencederungan arah trend/slope yang dilihat dari trend skor yang variatif menampakan perubahan skor dari tahap A baseline menuju B intervention dan trend stabil pada tahap A maintenance dengan ada perubahan tersebut berarti penggunaan panduan teknik Disputing Irrational Belief (DIBS) bermuatan nilai cinta damai Serat Wulangreh secara signifikan efektif untuk digunakan menyelesaikan masalah agresi verbal. Dengan demikian pengembangan panduan teknik Disputing Irrational Beliefs (DIBS) bermuatan nilai cinta damai Serat Wulangreh yang dikembangkan memenuhi kriteria akseptabilitas dan efektif untuk mengurangi agresi verbal siswa SMP. Panduan ini diharapkan dapat digunakan sebagai pengingat dan pedoman praktik bagi guru BK/konselor yang siap dijadikan pijakan dalam menyusun program preventif serta upaya kuratif untuk mengatasi masalah agresi verbal siswa SMP. Selanjutnya panduan ini disarankan pada peneliti lanjutan untuk dapat mengimplementasikan teknik Disputing Irrational Belief (DIBS) bermuatan nilai cinta damai Serat Wulangreh untuk mengurangi agresi verbal secara luas dan dapat mengembangkan penelitian lanjutan dari teknik Disputing Irrational Belief (DIBS) bermuatan nilai cinta damai Serat Wulangreh dengan desain kualitatif terkait nilai-nilai Serat Wulangreh lainnya ke dalam bimbingan dan konseling untuk mengambil ajaran-ajaran lain seperti moral maupun budi pekerti dengan permasalahan lain yang sesuai dengan prinsip dalam Serat Wulangreh.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263246

Actions (login required)

View Item View Item