Pengembangan model bimbingan online untuk meningkatkan social presence mahasiswa pendidikan jarak jauh / Mudafiatun Isriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model bimbingan online untuk meningkatkan social presence mahasiswa pendidikan jarak jauh / Mudafiatun Isriyah

Isriyah, Mudafiatun (2021) Pengembangan model bimbingan online untuk meningkatkan social presence mahasiswa pendidikan jarak jauh / Mudafiatun Isriyah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Isriyah Mudafiatun. 2021. Pengembangan Model Bimbingan Online untuk Meningkatkan Social Presence Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh. Disertasi Program Studi Doktor Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Promotor (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Dr. Blasius Boli Lasan. (III) Dr. Muslihati M.Pd Kata kunci model bimbingan online mahasiswa pendidikan jarak jauh social presence Kajian ini didasarkan pada pentingnya social presence dalam semua aktivitas Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Cara belajar di Universitas Terbuka (UT) belum memberikan perhatian terhadap mahasiswa misalnya karakter perorangan dan suasana hati mereka yang bisa memberikan pengaruh terhadap kesuksesan belajarnya. Bimbingan di UT dijalankan sesuai dengan standar kompetensinya berupa sisi perkembangan maturasi intelektual para mahasiswa. UT sudah melaksanakan bimbingan belajar ini dalam bentuk bimbingan akademis akan tetapi belum tersedia model atau Teknik khusus yang bisa digunakan dalam menyediakan layanan BK. Pengembangan social presence dalam proses Bimbingan Online (Bimbilon) dapat mempengaruhi keputusan konseli dan hasil bimbingan. Untuk memecahkan kendala-kendala yang terjadi dalam PJJ dibutuhkan layanan Bimbilon Social Presence yang seluruh interaksinya terdapat nilai-nilai ikatan hubungan saling timbal balik. Hal ini mengisyaratkan perlunya dilakukan penelitian terhadap sikap-sikap sosial pada saat belajar online. Mahasiswa PJJ harus belajar mandiri mempertajam cara berfikir memantapkan keterampilan dan menerapkan pengetahuan dengan inisiatif dan motivasi sendiri. Rekonstruksi pengetahuan pengalaman lebih strategis dibutuhkan rancangan dan implementasi secara lebih terstruktur melalui Bimbilon Social Presence. Tujuan penelitian ini (1) menghasilkan produk model bimbingan online untuk meningkatkan social presence mahasiswa PJJ (2) menghasilkan model bimbingan online yang valid dengan memenuhi kriteria akseptabilitas untuk meningkatkan social presence mahasiswa PJJ (3) menghasilkan model bimbingan online yang efektif untuk meningkatkan social presence mahasiswa PJJ. Dalam penelitian bimbingan online ini untuk mencapai efektifitas dan peningkatan Social Presence yang dipakai adalah langkah penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE yang diblanded dengan system Design of Instructional Dick amp Carey (the systems Aproach Model). Kajian ini bersifat pengembangan yang dibagi dalam 5 fase (1) metode yang ada dan tinjauan strategi PJJ (2) pengembangan model PJJ (3)Delphi putaran 1 (4) Delphi putaran 2 (5) validasi model. Setelah meninjau literatur yang relevan dan strategi yang ada di fase 1 langkah pertama membuat model PJJ dibuat fase 2 selanjutnya fase 3 dan fase 4 dua putaran Delphi dilakukan para ahli meninjau versi final dari buku panduan dan sintaks model yang dibuat serta memvalidasi di fase 5. Sehubungan di setiap fase ADDIE model Bimbilon Social Presence menguraikan poin-poin representatif kegiatan terstruktur strategi pendukung baik model panduan maupun sintak model Bimbilon Social Presence agar lebih jelas identifikasi seluruh proses. Hasil penelitian memaparkan bahwa produk model Bimbilon Social Presence ini telah melalui proses uji validasi ahli sehingga menghasilkan produk model bimbingan online yang teruji dan valid secara teoritik. Ahli konten materi Bimbingan dan Konseling secara keseluruhan menilai bahwa produk ini dinyatakan bagus kesesuaian antara indikator dengan sub indikator cukup baik perlu ditambahkan Glosarium dalam Model Bimbilon Social Presence sedangkan prosedur Model Bimbilon Social Presence sudah bagus. Mahasiswa PJJ membutuhkan proses yang singkat sehingga sintaks model dan materi dikemas dengan alokasi waktu yang sesuai agar memudahkan pemahaman panduan model bimbilon social presence ini tersampaikan dengan jelas. Pemanfaatan proofreading dalam penyusunan tata bahasa di maksimalkan. Penilaian validasi dari ahli media secara umum menyetujui website Notion Bimbilon Social Presence dan prosedur penjelasan baik dalam pedoman maupun website Notion cukup bagus meski perlu pengembangan dan update agar kualitas dan kemudahan dalam melaksanakan proses bimbingan online semakin mudah dan terarah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan untuk dapat mempergunakan model Bimbingan Online Social Presence memberikan saran kepada tutor untuk dapat mempergunakan model ini sebagai upaya preventif dalam membantu mahasiswa PJJ meningkatkan social presence dan memperluas cakupan materi social presence untuk meningkatkan optimalisasi pelayanan Bimbingan dan Konseling. Kepada peneliti selanjutnya hendaknya menguji coba efektifitas model dalam meningkatkan social presence mahasiswa PJJ dalam populasi yang lebih luas sehingga diperoleh generalisasi yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263243

Actions (login required)

View Item View Item