Pengaruh strategi pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa kelas X SMA Negeri di Kota dan Kabupaten Malang / Maya Trisulistiyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa kelas X SMA Negeri di Kota dan Kabupaten Malang / Maya Trisulistiyorini

Trisulistiyorini, Maya (2010) Pengaruh strategi pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa kelas X SMA Negeri di Kota dan Kabupaten Malang / Maya Trisulistiyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci strategi pembelajaran Project Based Learning (PjBL) keterampilan metakognitif pemahaman konsep Kegiatan belajar di sekolah ditujukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru harus memperhatikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan agar tujuan pembelajaran dapat dicapai. Kebanyakan guru hanya melaksanakan kegiatan pembelajaran saja tanpa memperhatikan aspek yang harus dikembangkan dalam diri siswa. Aspek yang perlu dikembangkan adalah aspek keterampilan metakognitif dan aspek kognitif yang berhubungan dengan pemahaman konsep. Bila siswa memiliki keterampilan metakognitif yang baik akan mampu menjadi pebelajar yang mandiri mampu merencanakan memonitor dan mengevaluasi dalam kegiatan belajarnya. Siswa yang memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik tentunya dapat dengan mudah menguasai konsep materi pelajaran. Salah satu alternatif yang dapat memberdayakan keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep agar mengarah pada tujuan kurikulum adalah strategi pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Keunggulan strategi ini adalah meningkatkan motivasi meningkatkan kemampuan untuk memecahkan masalah meningkatkan kemampuan untuk mencari informasi meningkatkan kemampuan dalam mengatur waktu untuk menyelesaikan tugas dan meningkatkan kejasama kelompok. Penerapan strategi pembelajaran PjBL dalam penelitian ditujukan untuk mengungkapkan pengaruhnya terhadap keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri di Kota dan Kabupaten Malang pada Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010 dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di SMA Negeri 7 Malang SMA Negeri 9 Malang dan SMA Negeri 1 Gondang Legi Malang dengan menggunakan kelas kontrol yaitu X-7 X-4 X-F dan kelas eksperimen yaitu X-3 X-7 X-8 X-A. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian menggunakan non equivalent control group design. Analisis yang digunakan adalah analisis anakova satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran PjBL berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa. Siswa yang difasilitasi dengan strategi pembelajaran PjBL memiliki keterampilan metakognitif 41 1% lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi strategi pembelajaran konvensional. Dilihat dari kemampuan kognitif yang berhubungan dengan pemahaman konsep siswa menunjukkan bahwa strategi pembelajaran PjBL berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa. Siswa yang difasilitasi dengan strategi pembelajaran PjBL memiliki kemampuan kognitif 44 8% lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi strategi pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh terlihat bahwa strategi pembelajaran PjBL dapat diandalkan dalam rangka meningkatkan keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep. Melihat fakta yang telah ditunjukkan maka diharapkan guru dapat menerapkan strategi pembelajaran PjBL dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain itu pengaturan alokasi waktu dan pemberian motivasi pada siswa juga harus diperhatikan agar pelaksanaan strategi pembelajaran berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26323

Actions (login required)

View Item View Item