Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) pada materi ekosistem dan pencemaran lingkungan untuk meningkatkan aktivitas kooperatif dan hasil belajar siswa kelas X-C SMAN 1 Ngantang / Nury Aji Saktianny - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) pada materi ekosistem dan pencemaran lingkungan untuk meningkatkan aktivitas kooperatif dan hasil belajar siswa kelas X-C SMAN 1 Ngantang / Nury Aji Saktianny

Saktianny, Nury Aji (2010) Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) pada materi ekosistem dan pencemaran lingkungan untuk meningkatkan aktivitas kooperatif dan hasil belajar siswa kelas X-C SMAN 1 Ngantang / Nury Aji Saktianny. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Think Pair Share Aktivitas Kooperatif Hasil belajar Observasi awal dan wawancara dengan pihak SMAN 1 Ngantang Malang yang dilakukan pada tanggal 5 Mei 2010 menunjukkan bahwa pembelajaran yang sering dilakukan adalah ceramah. Saat pembelajaran berlangsung siswa masih kurang aktif menjawab dan belum berani mengungkapkan pendapat tentang materi. Rerata hasil belajar siswa yaitu 62 81 sedangkan kriteria ketuntasan belajar sebesar 53 12%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (85%). Dengan adanya permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan penerapan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas kooperatif dan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus. Kedua siklus dilakukan selama dua kali pertemuan. Siklus I dilakukan pada tanggal 12 Mei dan 19 Mei 2010 sedangkan siklus II dilakukan pada tanggal 26 Mei dan 2 Juni 2010. Setiap pertemuan dalam pembelajaran terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ekosistem dan Pencemaran Lingkungan. Model pembelajaran TPS terdiri dari tiga langkah yaitu langkah thinking (berpikir) pairing (berpasangan) dan sharing (berbagi). Model TPS memberikan waktu kepada para siswa untuk berpikir dan merespons serta saling bantu satu sama lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas kooperatif siswa mengalami peningkatan. Aktivitas kooperatif yang dilakukan siswa pada siklus I tingkatan cukup (C) mendominasi sebesar 54 98% tingkatan baik (B) mencapai 31 86% dan tingkatan kurang (K) sebesar 13 12%. Pada siklus II tingkatan baik sudah mendominasi aktivitas kooperatif yaitu sebesar 70% Tingkat cukup dan kurang sudah mengalami penurunan yaitu masing-masing mencapai 26 25% dan 3 75%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari sebelum tindakan ke siklus I dan siklus II. Rerata hasil belajar siswa sebelum tindakan yaitu 62 81 rerata hasil belajar pada siklus I yaitu 71 31 dan pada siklus II yaitu 83 59. Sebelum tindakan persentase ketuntasan 53 12% pada siklus I persentase ketuntasan 68 75% sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan 87 50%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran TPS dapat meningkatkan aktivitas kooperatif dan hasil belajar Siswa kelas X-C SMAN 1 Ngantang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar diterapkan model pembelajaran TPS sebagai pembelajaran alternatif untuk meningkatkan aktivitas kooperatif dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26322

Actions (login required)

View Item View Item