Manajemen krisis kepala sekolah dalam implementasi kebijakan bdr selama pandemi covid-19 (Studi multi situs di SDN 8 Mimbaan, SDN 1 Gudang, dan SDN 1 Sumberwaru Kabupaten Situbondo) / Mistin - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen krisis kepala sekolah dalam implementasi kebijakan bdr selama pandemi covid-19 (Studi multi situs di SDN 8 Mimbaan, SDN 1 Gudang, dan SDN 1 Sumberwaru Kabupaten Situbondo) / Mistin

Mistin (2021) Manajemen krisis kepala sekolah dalam implementasi kebijakan bdr selama pandemi covid-19 (Studi multi situs di SDN 8 Mimbaan, SDN 1 Gudang, dan SDN 1 Sumberwaru Kabupaten Situbondo) / Mistin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tugas dan tanggungjawab kepala sekolah cukup berat yaitu harus mampu mengidentifikasi masalah dengan cermat mencari solusi penyelesaian masalah dengan tepat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat serta menindaklanjuti kebijakan dengan tepat. Masa krisis pandemi Covid-19 ini tentu memberikan hambatan tantangan dan kendala tersendiri bagi kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya sebagai pimpinan sekaligus manajer. Di samping itu kebijakan BDR yang telah dikeluarkan oleh Kemendikbud harus benar-benar terlaksana sehingga kepala sekolah harus memastikan bahwa seluruh siswa tetap dapat belajar meskipun tidak pergi ke sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan BDR mulai dari tahap perencanaan pelaksanaan hingga pengawasan. Di samping itu penelitian ini juga bertujuan mendeskripsikan tantangan-tantangan yang dihadapi kepala sekolah serta kebijakan-kebijakan yang diambil sebagai upaya penyelesaian masalah yang timbul akibat implementasi kebijakan BDR selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi multi situs. Lokasi penelitian di SDN 8 Mimbaan (situs 1) SDN 1 Gudang (situs 2) dan SDN 1 Sumberwaru (situs 3). Data yang dikumpulkan tentang perencanaan pelaksanaan dan pengawasan implementasi BDR serta tantangan dan upaya penyelesaian masalah akibat implementasi BDR selama pandemi Covid-19. Sumber penelitian adalah para kepala sekolah sebagai informan kunci dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan data di lapangan. Pengumpulan data dengan teknik wawancara mendalam observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu analisis data tunggal dan analisis lintas situs. Teknik analisis data tunggal dilakukan melalui penyajian data reduksi data dan penarikan kesimpulan. Sementara teknik analisis lintas situs dilakukan melalui induksi analitik modifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui teknik trianggulasi dan pengecekan anggota. Tahapan penelitian melalui persiapan pelaksanaan dan pelaporan. Hasil penelitian dapat dilihat dari fokus penelitian. Pertama perencanaan BDR yang dilakukan kepala sekolah meliputi (a) rapat dengan guru dan komite untuk menyusun kurikulum pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi pandemi (b) merencanakan pembinaan dan pelatihan terhadap guru untuk meningkatkan penguasaan IT (c) menyiapkan RPP dan membuat jadwal pembelajaran daring dan luring dan (d) menyiapkan sarana dan prasarana pendukung dan merencanakan membuka ruang konsultasi bagi siswa maupun orang tua siswa. Kedua pelaksanaan BDR yang dilakukan meliputi (a) melaksanakan BDR dengan dimodifikasi berdasarkan kebutuhan sekolah yaitu daring luring dan kombinasi keduanya (b) menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran Google Classroom Zoom Meeting Microsoft Team dan Whatsapp (c) waktu pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan kesepakatan guru dan siswa (d) memberikan penilaian tugas siswa secara langsung (e) melakukan pengawasan aktivitas belajar siswa melalui grup Whatsapp maupun jaringan pribadi dan (f) melakukan koordinasi dengan orang tua siswa. Ketiga pengawasan BDR yang dilakukan kepala sekolah meliputi (a) mencatat kekuatan dan kelemahan implementasi BDR dan mengadakan rapat rutin bersama dewan guru untuk mencari solusi masalah (b) memberikan dukungan dan motivasi guru agar bekerja dengan efektif dan efisien dan memberi petunjuk pelaksanaan BDR (c) mengontrol secara berkala perkembangan pembelajaran BDR dan mengadakan monitoring dan (d) memberi motivasi kepada warga sekolah serta menjaring aspirasi masyarakat. Keempat Tantangan yang dihadapi kepala sekolah dalam implementasi BDR meliputi (a) pengawasan pelaksanaan BDR oleh siswa dan memastikan semangat serta motivasi guru dalam melaksanakan BDR adalah sama (b) kemampuan IT dan kompetensi guru yang berbeda (c) siswa tidak memiliki HP secara keseluruhan keterbatasan paket data dan jaringan internet serta tidak fokus dalam belajar dan (d) faktor ekonomi dan semangat serta kepedulian orang tua terhadap anaknya. Kelima Upaya kepala sekolah dalam menyelesaikan masalah akibat implementasi BDR antara lain (a) mengadakan rapat evaluasi pelaksanaan BDR dan memberikan motivasi kepada guru (b) memberikan edukasi atau pelatihan IT kepada guru (c) membentuk kelompok belajar dan menyalurkan bantuan paket data dari Kemendikbud dan (d) menerapkan kegiatan BDR dengan sistem daring dan luring serta mengadakan rapat koordinasi dengan paguyuban kelas. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat menjadi sumber informasi dan rujukan bagi pemerintah khususnya dinas pendidikan dalam mengambil kebijakan dengan memperhatikan unsur kekuatan kelemahan peluang dan ancaman atau tantangan yang dihadapi lembaga pendidikan yang bersangkutan. Bagi pengawas penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam pengawasan terhadap kegiatan manajemen yang dilakukan kepala sekolah di masa krisis di masa mendatang. Bagi kepala sekolah penelitian ini dapat menjadi rekomendasi dalam upaya persiapan menghadapi suasana krisis sejenis di masa yang akan datang. Khususnya yang berkaitan dengan implementasi kebijakan dari pemerintah. Bagi guru penelitian ini dapat menjadi acuan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif di masa krisis sedangkan bagi orang tua siswa penelitian dapat menjadi pedoman dalam membimbing dan memotivasi siswa dalam kegiatan belajar dari rumah di masa krisis. Sementara bagi peneliti lain penelitian ini dapat menjadi sumber referensi khususnya yang berkaitan dengan manajemen kepala sekolah dalam mengimplementasikan suatu kebijakan dari pemerintah di masa krisis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263203

Actions (login required)

View Item View Item