Pengembangan bahan ajar matematika realistik untuk siswa kelas iv sekolah dasar / Jimylton Dethan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar matematika realistik untuk siswa kelas iv sekolah dasar / Jimylton Dethan

Dethan, Jimylton (2021) Pengembangan bahan ajar matematika realistik untuk siswa kelas iv sekolah dasar / Jimylton Dethan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dethan Jimylton. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Realistik untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sulton M.Pd (2) Dr. M. Ramli M.A. Kata Kunci Pengembangan bahan ajar Matematika Realistik hasil belajar siswa kelas IV Pembelajaran Matematika di Sekolah dasar dibelajarkan secara terpisah dari Tematik di kelas IV sampai VI. Pelaksanaan hal tersebut agar guru dan siswa dapat mempelajari konsep dasar dari setiap materi matematika secara fokus dan mendalam. Selain itu dengan pembelajaran secara terpisah dari tematik maka guru dapat mengembangkan cara belajar maupun bahan ajar sebagai sumber yang cocok dengan spesifikasi matematika dan juga sesuai dengan tahap perkembangan siswanya. Pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) dapat mendukung siswa belajar matematika. Pendekatan ini membimbing siswa dalam memahami konsep matematika yang ada dalam keseharian mereka. Pendekatan ini juga dapat dituangkan dalam bentuk bahan ajar untuk siswa agar secara mandiri siswa dapat belajar membangun konsep matematika dan bekerjasama dengan temannya dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa bahan ajar matematika untuk siswa di kelas IV SDN Bunulrejo 1 Kota Malang menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik yang valid efektif dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan 10 tahap model pengembangan Dick and carey yaitu (1) identifikasi tujuan umum pembelajaran (2) melaksanakan analisis pembelajaran (3) identifikasi tingkah laku siswa dan lingkungan (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran (8) mendesain dan melakukan evaluasi formatif (9) merevisi bahan pembelajaran (10) merancang dan melaksanakan evaluasi sumatif. Karena keterbatasan biaya dan waktu maka tahap pengembangan dalam penelitian ini mengalami beberapa modifikasi terlebih pada tahap kesepuluh tidak dilaksanakan. Bagaimana menilai valid praktis dan efektif yaitu melalui penilaian para ahli respon guru sebagai praktisi respon siswa sebagai pengguna dan tes hasil belajar. Pengumpulan data yaitu lembar instrumen validasi bahan ajar lembar observasi aktivitas siswa angket respon guru dan siswa dan tes penguasaan bahan ajar. Hasil penilaian dari uji kevalidan bahan ajar dari validator ahli dan pengguna diperoleh rata-rata persentasenya sebesar 91 11% dengan kriteria sangat valid secara isi dan konstruk. Hasil uji kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa dan Respon guru diperoleh rata-rata persentasenya sebesar 79 6% dengan kriteria praktis dengan revisi. Sedangkan hasil uji keefektifan diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa dan hasil belajar diperoleh skor rata-rata 3 36 dan jika dipresentasekan menjadi 83 5% dengan kriteria aktif kemudian hasil belajar siswa menunjukan 80% telah mencapai nilai KKM sehingga dapat dikatakan kriterianya efektif. Kesimpulan dari semua penilaian diatas bahan ajar hasil pengembangan (buku guru dan buku siswa) berbasis matematika realistik pada penelitian ini telah mencapai kriteria valid praktis dan efektif. Beberapa kelebihan bahan ajar yaitu berisi konteks dan konsep materi ajar yang berhubungan dengan kehidupan siswa penyusunan isi bahan ajar disesuaikan dengan karakteristik siswa sekolah dasar membantu siswa mengonstruk pengetahuannya mendukung pembelajaran bersama dan soal-soal sesuai dengan materi pembelajaran pada buku. Saran dalam penggunaan sebagai pendukung dan referensi tambahan bahan ajar yang sudah ada di sekolah serta sebagai tambahan sumber belajar bagi guru dalam proses belajar matematika. Guru disarankan untuk memperhatikan kegiatan yang terdapat dalam bahan ajar dan dapat membimbing jika ada kesulitan siswa dalam proses pemahamannnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263202

Actions (login required)

View Item View Item