Pengaruh kondisi sosial ekonomi dan pola asuh terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri Oesapa Kecil 2 Kupang / Fikta Nofriyanti Padji Kana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kondisi sosial ekonomi dan pola asuh terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri Oesapa Kecil 2 Kupang / Fikta Nofriyanti Padji Kana

Kana, Fikta Nofriyanti Padji (2021) Pengaruh kondisi sosial ekonomi dan pola asuh terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri Oesapa Kecil 2 Kupang / Fikta Nofriyanti Padji Kana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kana Fikta Nofriyanti Padji. 2021. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Pola Asuh Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri Oesapa Kecil 2 Kupang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya. M. Si (II) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W. M. Si Kata Kunci Kondisi sosial ekonomi pola asuh prestasi belajar. Prestasi belajar merefleksikan keberhasilan yang dicapai siswa dalam proses pembelajaran serta tercapainya kriteria ketuntasan minimal. SD Negeri Oesapa Kecil 2 Kupang sudah berakreditasi A namun masih ada siswa yang prestasi belajarnya rendah hal ini dibuktikan dengan nilai ulangan semester 1 yang diperoleh siswa dibawah KKM. Keadaan siswa pada SD Negeri Oesapa Kecil 2 menunjukkan kondisi sosial ekonomi dan pola asuh sebagai faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian (1) mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi secara parsial terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri Oesapa Kecil 2 Kupang (2) mengetahui pengaruh pola asuh secara parsial terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri Oesapa Kecil 2 Kupang (3) mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi dan pola asuh secara simultan terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri Oesapa Kecil 2 Kupang. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 197 siswa pada kelas IV V dan VI pada SD Negeri Oesapa Kecil 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel adalah Propotional random sampling yang menghasilkan sampel 131 siswa dalam kelas IVA IVB VA VB VC VIA VIB VIC. Instrumen yang digunakan adalah angket model skala likert dengan 4 pilihan jawaban sebagai instrumen dari variabel kondisi sosial ekonomi dan pola asuh sedangkan dokumentasi nilai semester 1 untuk melihat prestasi belajar siswa. Uji prasyarat terdiri atas (1) uji normalitas menggunakan kolmogorov smirnov goodness of fit test yaitu Jika probabilitas ge 0 05 maka distribusi normal Jika probabilitas le 0 05 maka distribusi adalah tidak normal (2) uji multikolenieritas yaitu Jika nilai VIF lt 10 atau nilai tolerance gt 0.10 maka tidak terjadi multikolinieritas (3) Uji heteroskedastisitas digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya penyimpangan asumsi klasik dibantu dengan SPSS for windows versi 22.0 (4) uji hipotesis analisis jalur (regresi berganda) dibantu dengan SPSS for windows versi 22.0 untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel bebas (X1 X2) dengan variabel terikat (Y) dengan tingkat kepercayaan 95% a 0 05 sedangkan untuk analisis data menggunakan regresi sederhana (X1) kondisi sosial ekonomi terhadap (Y) prestasi belajar dan pola asuh (X2) terhadap prestasi belajar (Y) dibantu program SPSS for windows versi 22.0. Berdasarkan kajian di atas menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi memiliki pengaruh langsung/parsial dan pola asuh memiliki pengaruh langsung atau parsial terhadap prestasi belajar siswa serta kondisi sosial ekonomi dan pola asuh berpengaruh secara bersama-sama atau simultan terhadap prestasi belajar siswa pada SD Negeri Oesapa Kecil 2 Kupang maka dapat disimpulkan bahwa orang tua dengan kondisi sosial ekonomi yang baik dapat memberikan sarana dan prasarana belajar kepada anak serta pola pengasuhan baik yang diterapkan orang tua secara bersama-sama sangat mempengaruhi anak dalam mencapai prestasi belajar yang maksimal di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263201

Actions (login required)

View Item View Item