Puspasari, Yovita (2020) Analisis kesalahan siswa kelas viii dalam menyelesaikan soal cerita dan scaffoldingnya pada materi persamaan linear satu variabel / Yovita Puspasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Matematika yang dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang penting di semua lembaga pendidikan formal mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Walaupun pihak sekolah telah mewajibkan para siswa untuk lulus dalam mata pelajaran tersebut masih banyak siswa yang menemui kesalahan. Beberapa bentuk ketidaktepatan yang sering dilakukan siswa diantaranya berkaitan dengan memahami transformasi ketrampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Ketidaktepatan tersebut pun juga terjadi pada siswa kelas VIII A dan VIIE SMPN 4 Trenggalek dalam penyelesaian soal persamaan linear satu variabel. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kesalahan siswa (2) Mendeskripsikan scaffolding yang dapat membantu siswa untuk mengatasi kesalahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan dilaksanakan di SMPN 4 Trenggalek. Data penelitian ini adalah hasil tes hasil wawancara dan dokumentasi. Jumlah siswa VIII A dan VIII E SMP Negeri 4 Trenggalek. Ada 28 anak laki-laki 16 perempuan dan 12 perempuan di kelas 8 dan 27 laki-laki 16 laki-laki dan 11 perempuan di kelas 8. Peneliti mengajukan dua soal tes kepada seluruh siswa tentang materi persamaan linear satu variabel. Setelah menganalisis hasil tes sesuai tahapan Newman 6 siswa dipilih dan diwawancarai serta diberikan scaffolding. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data model data dan penarikan verifikasi simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk kesalahan siswa berkemampuan tinggi adalah kesalahan transformasi kesalahan ketrampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir bentuk kesalahan siswa berkemampuan sedang adalah kesalahan memahami kesalahan transformasi kesalahan ketrampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir bentuk kesalahan siswa berkemampuan rendah meliputi kesalahan memahami kesalahan transformasi kesalahan ketrampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir 2) Berdasarkan hasil wawancara mengenai pelaksanaan scaffolding hasil penelitian tersebut yakni scaffolding berguna membantu siswa untuk mencapai kompetensi yang lebih baik dalam pengajaran berbasis konflik kognitif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Dec 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263200 |
Actions (login required)
View Item |