Dewi, Destian Patrika (2022) Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Kelompok B Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar di TK Pertiwi I Buduran Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu masalah dalam pembelajaran di TK Pertiwi I buduran adalah perkembangan kemampuan bercerita anak belum mencapai hasil yang maksimal. Hal tersebut diperkuat dari 30 anak terdapat 19 anak (63,3%) yang belum berkembang kemampuan berceritanya. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1) bagaimanakah penggunaan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B di TK Pertiwi I Buduran Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk; (2) apakah kemampuan bercerita anak meninggkat. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan. Tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subyek penelitian yaitu kelompok B TK Pertiwi I Buduran sebanyak 30 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Instrumen yang dipergunakan adalah lembar observasi kemampuan bercerita anak. Analisis data penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan media buku cerita bergambar dapat meningkatka kemampuan bercerita anak kelompok B di TK Pertiwi I Buduran, (2) penggunaan buku cerita bergambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak. Pada siklus I persentase rata-rata kemampuan bercerita mencapai 55,34%. Pada siklus II kemampuan bercerita anak mengalami peningkatan dengan persentase rata-rata 90% dengan melakukan perbaikan sebagai berikut: media yang digunakan diperbesar dan tulisan pada gambar diperjelas. Penyampaian guru saat bercerita lebih menarik, guru membuat kesepakatan dengan anak untuk mengkondisikana anak. Disimpulkan bahwa Penggunaan Buku Cerita Bergambar dapat meningkatkan kemampua bercerita anak kelompok B di TK Pertiwi I Buduran Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk dari siklus I ke siklus II sebesar 34,66%. Saran yang dikemukakan peeliti adalah: (a) bagi sekolah, penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan untuk mengembangkan media dan metode pembelajaran dalam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, (b) bagi guru, penelitian ini diharapkan menjadi inspirasi dan motivasi untuk meningkatkan keterampilan dalam menggunakan media dan metode pembelajaran agar anak tidak jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran, (c) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan penelitian selanjutnya bisa lebih baik dan media yang digunakan dapat dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > D3 Perpustakaan |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 08:04 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 08:04 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |