Pengaruh persepsi pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas V di Kota Kupang / Hesty Novita Bolla - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas V di Kota Kupang / Hesty Novita Bolla

Bolla, Hesty Novita (2021) Pengaruh persepsi pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas V di Kota Kupang / Hesty Novita Bolla. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Bolla Novita Hesty. 2019. Persepsi Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di Kota Kupang. Tesis. Program Study Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1). Dr. Imanuel Hitipeuw M.A (II) Prof. Dr. Lia Yuliati M.Pd Kata kunci Pola Asuh Motivasi Belajar Prestasi Belajar Pendidikan sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan setiap orang. Dengan melalui pendidikan yang diperolehnya seseorang dapat mengembangkan pengetahuan ketrampilan dan sikapnya yang menjadi lebih baik. Tercapainya sebuah tujuan untuk mengembangkan kualitas diri melalui pendidikan yang disebut prestasi belajar. Prestasi belajar merupakan suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seseorang siswa dalam melakukan kegiatan belajar sesuai dengan bobot yang dicapainya. Untuk pencapaian prestasi yang bagus maka harus diikuti dengan usaha dan kerja keras oleh seseorang. Prestasi belajar dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern berupa kemampuan belajar yang menurun motivasi belajar yang kurang kondisi fisik siswa dll sedangka faktor ekstern berupa perhatian orang tua kinerja atau tindakan guru fasilitas belajar dll. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara persepsi pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) pola asuh berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa (2) motivasi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa (3) pola asuh orang tua dan motivasi berpengaruh terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif serta variabel yang diamati adalah pola asuh orang tua motivasi belajar dan prestasi belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis regresi dengan menggunakan SPSS versio 20 for windows. Penelitian ini dilakukanpada SD Gugus 17 Kota Kupang yakni SDN Oetona SDI Labat SDI Bakunase 1 SDI Bakunase 2. Sampel penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 210 orang. Pengumpulan data pola asuh orang tua dan motivasi belajar menggunakan angket tertutup yang diberikan kepada siswa sedangkan prestasi belajar diperoleh dari dokumentasi nila akhir siswa selama 1 semeser. Berdasarkan hasil analisis regresi menunjukkan (1) terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar dengan nilai t-hitung gt t-tabel (11 710 gt 1 971). Nilai signifikan sebesar 0 000 lt 0 05 (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai t-hitung gt t-tabel (2 463 gt 1 971). Nilai signifikan sebesar 0 015 lt 0 05 (3) terdapat pengaruh pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikan sebesar 0 000 dan nilai F-hitung 100 043 gt F-tabel 3 04 Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah semakin baik pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anak mendukung anak dalam aktivitas belajar maka anak merasa diperhatikan dalam kegiatan belajarnya sehingga anak dapat termotivasi dalam belajar dan menunjang nilai prestasi akademiknya di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263199

Actions (login required)

View Item View Item