Pengaruh pola asuh demokratis Orangtua, motivasi belajar, dan self efficacy terhadap prestasi belajar peserta didik SD Negeri 5 Kebonagung Malang / Rasyidah Ratna Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pola asuh demokratis Orangtua, motivasi belajar, dan self efficacy terhadap prestasi belajar peserta didik SD Negeri 5 Kebonagung Malang / Rasyidah Ratna Putri

Putri, Rasyidah Ratna (2022) Pengaruh pola asuh demokratis Orangtua, motivasi belajar, dan self efficacy terhadap prestasi belajar peserta didik SD Negeri 5 Kebonagung Malang / Rasyidah Ratna Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Rasyidah Ratna. 2021. Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Motivasi dan Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar SD Negeri 5 Kebonagung Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ramli M.A (2) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. Kata Kunci Pola Asuh Demokratis Motivasi Belajar Self Efficacy Prestasi Belajar. Belajar merupakan proses seorang dalam meraih beragam kompetensi sikap. Jadi seseorang yang belajar akan mendapatkan pengalaman baru dalam suatu pengetahuan yang menjadi pribadi kreatif dan inovatif (Baharuddin 2015). Salah satu hal yang menunjukkan suatu keberhasilan belajar peserta didik di sekolah berupa prestasi belajar. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik selama proses pembelajaran disebut prestasi belajar. Tirtonegoro (2001) menjelaskan prestasi belajar diwakili simbol huruf dan angka yang menjelaskan suatu keberhasil belajar yang telah dicapai oleh peserta didik. Pencapaian belajar dalam prestasi belajar mengacu pada hasil yang dicapai siswa selama proses belajar mengajar selama periode waktu tertentu. Tes merupakan cara yang digunakan oleh seorang pengajar untuk mengukur nilai prestasi belajar peserta didik di sekolah dan merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar (Arikunto 2013). Prestasi belajar yang melebihi kriteria ketuntasan minimal dengan hasil yang optimal dan tinggi merupakan hasil belajar yang ideal. Namun tidak semua peserta didik mencapai tingkat keberhasilan yang sama beberapa peserta didik mencapai tingkat keberhasilan belajar yang besar sementara yang lain mencapai tingkat keberhasilan yang rendah. Istilah prestasi belajar mengacu pada seberapa baik peserta didik melakukannya di semua kelas mereka. Faktor internal dan lingkungan berperan dalam prestasi belajar. Faktor internal menurut Slameto (2010) dan Ngalim Purwanto (2002) adalah faktor-faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar seperti faktor fisik (kesehatan dan kecacatan) faktor psikologis (kecerdasan kreativitas perhatian minat motivasi konsep diri dan bakat) dan faktor kelelahan sedangkan faktor luar meliputi faktor keluarga (cara orang tua mendidik hubungan antar keluarga suasana rumah keadaan ekonomi keluarga pemahaman orang tua latar belakang budaya) faktor sekolah (metode pengajaran kurikulum hubungan guru-murid hubungan murid-murid perangkat pembelajaran media pembelajaran disiplin belajar kondisi gedung waktu belajar standar pelajaran di atas ukuran) dan faktor sekolah (metode pengajaran kurikulum hubungan guru-murid perangkat pembelajaran media pembelajaran disiplin belajar kondisi gedung waktu belajar pelajaran standar di atas ukuran) (aktivitas siswa dalam masyarakat media massa teman dan bentuk kehidupan masyarakat). Tinggi rendah prestasi belajar juga ditentukan oleh self efficacy hal ini dikatakan oleh Bandura (Santrock 2013) ldquo self efficacy adalah faktor yang penting dalam prestasi peserta didik rdquo . Lauster (Kiki Hindayani 2019) mengatakan ldquo seorang yang mempunyai self efficacy positif dapat dilihat dari diri sendiri dalam sikap yang optimis objektif rasa tanggung jawab realistis dan rasional rdquo . Tujuan penelitian yang dilakukan peneliti ini untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh pola asuh demokratis motivasi belajar dan self efficacy terhadap peserta didik yang ada di SD Negeri 5 kebonagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto. Metrode Penelitian ini penelitian hubungan kausal. Sampel penelitian berjumlah 76 responden. Teknik pengumpulan data dengan menyebat angket berupa kuesioner dan dokumentasi berupa raport peserta didik kelas IV V dan VI. Pengumpulan data dalam penelitian dengan menentukan subjek melakukan penyebaran kuesioner kemudian mengumpulkan data kuesioner dan dokumentasi yang disajikan dalam bentuk tabel dan sebagai data mentah kemudian memberikan skor dengan menggunakan skala likert. Kemudian peneliti mengolah data dan kemudian di analisis. Hasil penelitian ini adanya adanya pengaruh signifikan Pola Asuh Demokratis Terhadap Prestasi Belajar SD Negeri 5 Kebonagung dengan persamaan regresi sederhana Y 0101 73 578 dengan sebesar 0 320 dengan koefisien (determinasi) sebesar 0 102. Adanya pengaruh yang signifikan Motivasi Belajar Terhadap P Prestasi Belajar SD Negeri 5 Kebonagung dengan persamaan regresi sederhana Y 0101 73 578 dengan sebesar 0 320 dengan koefisien (determinasi) sebesar 0 102. Adanya pengaruh yang signifikan Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar SD Negeri 5 Kebonagung dengan persamaan regresi sederhana Y 0 194 73 375 dengan sebesar 0 297 dengan koefisien (determinasi) sebesar 0 88. Kemudian pengaruh secara bersama-sama yang signifikan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Motivasi Belajar Dan Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar SD Negeri 5 Kebonagung dengan persamaan regresi ganda Y 0 174 0 075 0 163 dengan sebesar 0 494 dengan koefisien (determinasi) sebesar 0 244. Sumbang Efektif (SE) Pola Asuh Demokratis Orang Tua 11 8% Sumbang Efektif (SE) Motivasi Belajar 5 9% dan Sumbang Efektif (SE) Self Efficacy 6 7%. Jadi total keseluruhan Sumbang Efektif (SE) 24 4% terhadap Prestasi Belajar SD Negeri 5 Kebonagung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263196

Actions (login required)

View Item View Item