Penerapan model role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas va muatan ipa SDN Bareng 3 Malang / Sandhy Pradata - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas va muatan ipa SDN Bareng 3 Malang / Sandhy Pradata

Pradata, Sandhy (2021) Penerapan model role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas va muatan ipa SDN Bareng 3 Malang / Sandhy Pradata. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan strategi dan model pembelajaran pada kegiatan pembelajaran yang tepat dapat membantu meningkatkan keefektifan kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung terlebih ditunjang dengan penggunaan media pembelajaran yang memudahkan siswa untuk memahami isi dari materi pelajaran yang diberikan guru. Hal ini secara tidak langsung menghendaki siswa untuk dapat berpikir kritis dan membangkitkan rasa ingin tahu akan hal baru menjadi lebih tinggi. Kemampuan dalam berpikir memiliki makna bahwa berpikir dapat dipelajari dan dilatih melalui proses latihan-latihan yang kemudian dapat diterapkan Model pembelajaran role playing adalah kegiatan pembelajaran yang mana siswa memainkan peran yang sesuai dan diterima dalam alur cerita atau kejadian. Pembelajaran tersebut merangsang siswa agar aktif dan berpikir kritis akan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Model role playing memungkinkan mahasiswa berperan aktif dalam segala aspek terutama dalam perkuliahan dan kelompok. Tujuan penelitian ini mengetahui proses penerapan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa muatan IPA kelas VA SDN Bareng 3 Malang. Selanjutnya mengetahui hasil peningkatan belajar kelas muatan IPA kelas VA SDN Bareng 3 Malang setelah diterapkan model role playing. Pendekatan penelitian menggunakan model penelitian tindakan kelas kolaboratif. Model siklus belajar perilaku kelas yang digunakan dalam penelitian ini ditegaskan oleh Kemmis dan Taggart. Subjek peneliti adalah siswa kelas VA SDN Bareng 3 Malang. Teknik analisis data dilaksanakan dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif untuk menilai hasil observasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis peran yang menggunakan angka berdasarkan inkuiri dan diskusi sangat efektif di sekolah dasar. Pada tes akhir siklus I yang diberikan oleh guru sebanyak 4 siswa memperoleh nilai dibawah 65 atau tidak tuntas. Hasil tes pada Siklus II jumlah nilai keseluruhan dalam kelas cukup baik yaitu sebesar 2845 sedangkan nilai rata-rata masuk dalam kategori baik yaitu sebesar 85 35. Siswa sangat tertarik pada pemodelan persiapan untuk menyelesaikan semua fase proses pembelajaran dan partisipasi dalam mata pelajaran inti dan kegiatan pembelajaran akhir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263195

Actions (login required)

View Item View Item