Pengembangan bahan ajar ipa berbasis stem untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas iv di sdn inpres kala pada tema 2 selalu berhemat energi sub tema 1 sumber energi / HAERUL SALAM - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar ipa berbasis stem untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas iv di sdn inpres kala pada tema 2 selalu berhemat energi sub tema 1 sumber energi / HAERUL SALAM

Salam, Haerul (2022) Pengembangan bahan ajar ipa berbasis stem untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas iv di sdn inpres kala pada tema 2 selalu berhemat energi sub tema 1 sumber energi / HAERUL SALAM. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang diimplementasikan di sekolah untuk menyempurnakan kurikulum KTSP. Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman produktif kreatif inovatif dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat berbangsa bernegara dan peradaban dunia. Guru dalam pemilihan bahan ajar sangat berperan penting untuk meningkatkan pembelajaran siswa selain itu untuk menumbuhkan minat belajar siswa agar dalam pembelajaran tidak membuat siswa merasa bosan karena hal ini dapat mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan oleh peneliti di SDN Inpres Kala Kabupaten Bima terdapat kendala yaitu bahwa buku ajar yang digunakan dalam membahas tema-tema pelajaran Khususnya tema 2 selalu berhemat energi Sub Tema 1 Sumber Energi siswa hanya menggunakan buku yang diterbitkan oleh pemerintah yaitu buku tematik siswa dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Kemudian dari beberapa hasil penelitian terdahulu masih jarang ditemukan oleh peneliti yang menggunakan bahan ajar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian pengembangan produk mendapatkan presetase skor 86 38% dengan kategori sangat valid/layak digunakan. Hasil kemenarikan produk mendapatkan persentase skor 98 21%. Hasil kepraktisan produk mendapatkan persentase skor 98 50%. Berdasarkan hasil rata-rata nilai pretest mendapatkan skor 33 83 meningkat menjadi 76 83 pada nilai rata-rata posttest dengan persentase ketuntasan 5 55% menjadi 91 66%. hasil dari penelitian produk yang dikembangkan dalam pembelajaran layak digunakan. Adapun saran pada buku ajar yang dikembangkan yaitu. 1) buku ajar ini merupaka buku penunjang pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan di SDN Inpres Kala sebaiknya hanya digunakan di sekolah tersebut. Jika digunakan di tempat lain sebaiknya dilakukan analisis terdahulu 2) buku ajar ini bukan satu-satunya buku penunjang dalam pembelajaran diharapkan guru dan siswa dapar menggunakan buku-buku lain yang relevan 3) bagi peneliti diharapkan buku ajar yang dikembangkan ini dapat menjadi salah satu acuan dalam penelitian metode pengembangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263194

Actions (login required)

View Item View Item