Pengaruh pembelajaran steam berbasis PjBL terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan keterampilan komunikasi siswa kelas v di SDN 2 Turen / Yodie Esa Pramudita Rinanityas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran steam berbasis PjBL terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan keterampilan komunikasi siswa kelas v di SDN 2 Turen / Yodie Esa Pramudita Rinanityas

Rinanityas, Yodie Esa Pramudita (2020) Pengaruh pembelajaran steam berbasis PjBL terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan keterampilan komunikasi siswa kelas v di SDN 2 Turen / Yodie Esa Pramudita Rinanityas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aktivitas belajar dengan mengungkapkan ide-ide yang inovatif dengan melakukan sebuah percobaan akan mengembangkan pengetauan dan pemahaman siswa. Didukung dengan media di kehidupan sehari-hari memudahkan siswa memahami dan menemukan hal baru. Berinteraksi melalui belajar dan bekerja untuk mengungkapkan gagasan mendengarkan dan menulis dapat berdampak pula pada pengetahuan siswa (hasil belajar) dengan terus dilatih. Mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif afektif dan keterampilan komunikasi siswa yang menggunakan pembelajaran STEAM dengan pembelajaran inkuiri menjadi tujuan penelitian ini. Quasi eksperimental design dengan nonequivalent control group design merupakan jenis penelitian yang digunakan. Subyek penelitian yaitu semua siswa kelas V SDN 2 Turen. Data yang dikumpulkan skor pretest dan skor posttest untuk hasil belajar dari instrumen yang telah diuji coba berupa subjektif untuk hasil belajar afektif dan skala dengan indikator Greenstein untuk keterampilan komunikasi. Analisis data menggunakan teknik uji-t untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEAM. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa (1) STEAM berpengaruh signifikan pada hasil belajar kognitif setelah dilakukan perlakuan dengan nilai signifikansi sebesar 0 000 (2) STEAM tidak berpengaruh signifikan pada hasil belajar afektif setelah dilakukan perlakuan karena nilai signifikansi sebesar 0 434 dan (3) STEAM berpengaruh signifikan pada keterampilan komunikasi setelah dilakukan perlakuan dengan nilai signifikansi sebesar 0 003 walaupun nilai tidak homogen dibandingkan kelas dengan pembelajaran inkuiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263191

Actions (login required)

View Item View Item