Pengembangan multimedia siperda berbantuan augmented reality tema sehat itu penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar / Leny Suryaning Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia siperda berbantuan augmented reality tema sehat itu penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar / Leny Suryaning Astutik

Astutik, Leny Suryaning (2020) Pengembangan multimedia siperda berbantuan augmented reality tema sehat itu penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar / Leny Suryaning Astutik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang memudahkan dalam proses kegiatan pembelajaran. Media dibuat tidak hanya bertumpu pada aspek kebutuhan akan tetapi disesuaikan dengan karakteristik siswa dan perkembangan zaman. Media yang sedang marak dimanfaatkan adalah berbasis kecanggihan teknologi. Hal ini merupakan upaya untuk mencegah ketertinggalan dengan perkembangan era 4.0 dan abad 21 di mana kehidupan manusia bisa dipermudah dengan pemanfaatan teknologi. Augmented reality adalah salah satu teknologi yang mampu mengkombinasikan 2D dan 3D di lingkungan nyata. Berdasarkan analisis kebutuhan pada tanggal 22 Agustus 2019 di SD Unggulan Permata Jingga Malang diperoleh informasi sebagai berikut. Minat siswa terhadap mata pelajaran IPA rendah menurut siswa materi sistem peredaran darah manusia dan hewan yang sulit dilihat secara langsung sumber belajar siswa yang terbatas pada buku guru buku siswa video dari YouTube (satu arah) dan gambar di dinding. Lebih jauh diperoleh informasi bahwa guru mengajar hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab kurangnya intensitas penggunaan media elektronik yang mendukung proses pembelajaran dan guru terlalu sibuk sehingga hanya memanfaatkan tool yang disediakan sekolah. Desain penelitian ini menggunakan model ADDIE (analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi). Subyek penelitian berjumah total 40 siswa kelas V di SD Unggulan Permata Jingga Malang. Teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara pemberian angket dan dokumentasi. Keefektifan media dianalisis melalui pendekatan kuantitatif dengan metode Kuasi Eksperimen dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Variabel pada penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas berupa multimedia SIPERDA dan variabel terikat hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan multimedia SIPERDA oleh ahli media mencapai 84.5% dengan tingkat ldquo Sangat Valid rdquo penilaian oleh ahli materi mencapai 84.7% dengan tingkat ldquo Sangat Valid rdquo dan penilaian oleh ahli pembelajaran mencapai 92.5% dengan tingkat ldquo Sangat Valid rdquo . Tingkat kepraktisan multimedia SIPERDA berdasar respons siswa skala kecil mencapai 88% dengan tingkat ldquo Sangat Praktis rdquo dan respons guru mencapai 87.2% dengan tingkat ldquo Sangat Praktis rdquo . Berdasarkan penilaian respons siswa skala besar mencapai 82.5% dengan tingkat ldquo Sangat Praktis rdquo dan penilaian respons guru mencapai 94.5% dengan tingkat ldquo Sangat Praktis rdquo . Keefektifan diperoleh dari uji ancova sehingga memperoleh skor 0.026 lt 0.05 yang berarti efektif digunakan. Berdasarkan pemaparan diatas multimedia SIPERDA memiliki kualitas sangat valid praktis dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Hasil penelitian diatas sesuai dengan yang dikemukakan oleh (S. Y. Chen amp Liu 2020) dimana memiliki persamaan bahwa augmented reality mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan perbedaannya terletak pada subjek dan jumlah sampel yang digunakan. Persamaan dengan penelitian (Ib aacute ntilde ez Uriarte Portillo Zatarain Cabada amp Barr oacute n 2020) bahwa menyediakan lingkungan belajar berbantuan augmented reality siswa mendapat nilai lebih tinggi dan perbedaan dari penelitian ini berupa subjek jumlah sampel dan materi penelitian. Selain itu sejalan dengan pernyataan (Aini Triayudi amp Sholihati 2020) bahwa augmented reality diterapkan pada siswa sekolah dasar membuat belajar lebih menyenangkan. Maka dapat dikatakan bahan ajar multimedia SIPERDA berbantuan augmented reality dapat meningkatkan hasil belajar siswa. SIPERDA dapat dijadikan variasi salah satu bahan pembelajaran yang layak untuk siswa kelas V Sekolah Dasar khususnya materi sistem peredaran darah manusia dan hewan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263190

Actions (login required)

View Item View Item