Maulana, Bima Dwi (2022) Analisis dampak negatif penggunaan gadget pada perkembangan karakter sosial siswa kelas iv SDN 1 Tamanagung Banyuwangi / Bima Dwi Maulana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maulana Bima Dwi. 2021. Analisis Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Karakter Sosial Siswa Kelas Iv Sdn 1 Tamanagung Banyuwangi. Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. Ramli M.A. (Ii) Dr. Riska Pristiani S.Pd M.Pd. Kata kunci Gadget Karakter Sosial Upaya dan Aspek Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia nyata sangat beragam dan salah satunya yang memberikan dampak besar bagi umat manusia dan merupakan subjek penelitian ini adalah perkembangan media komunikasi yaitu perangkat gadget. Penggunaan gadget tidak hanya mempengaruhi orang dewasa tetapi juga anak sekolah dasar termasuk pada perkembangan karakter sosial anak. Pada saat anak mengenal gadget untuk kebutuhan belajar disisi lain anak juga mengenal fitur-fitur lain yang lebih menyenangkan dan membuat mereka ketagihan dalam menggunakanya dimana ketagihan penggunaan yang dimaksudkan disini adalah ketagihan yang mengarah kepada hal negatif dan pada akhirnya seperti yang banyak terjadi di lingkungan peneliti dimana banyak anak yang telah lepas kontrol dalam penggunaan gadget lebih banyak waktu yang mereka lakukan untuk menggunakan perangkat daripada untuk kegiatan yang lain seperti halnya berinteraksi dengan teman sebayanya anak juga kurang peduli terhadap lingkungan sekitar kurangnya komunikasi dengan teman dan anggota keluarga kurang peduli dengan diri sendiri bahkan orang lain bahkan juga mengurangi minat dan konsentrasi anak dalam belajar karena asik dengan aktivitas gadget yang dilakukanya tentu hal tersebut dapat memberikan pengaruh negatif terhadap karakter sosial serta proses belajar anak baik di rumah ataupun sekolah dimana Indikator karakter sosial digambarkan dalam lima aspek toleransi bersahabat/komunikasi kepedulian lingkungan kesejahteraan sosial dan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana dampak buruk penggunaan gadget pada anak sekolah dasar meliputi karakter sosial anak sekolah dasar aspek-aspek yang menimbulkan dampak buruk penggunaan gadget pada anak dan bagaimana upaya yang dapat dilakukan sebagai bentuk solusi untuk mengatasi efek negatif penggunaan gadget. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Metode studi kasus dipilih karena penelitian ini ingin menggali informasi lebih dalam dari berbagai sumber informasi. Penelitian ini mengkaji bagaimana dampak buruk penggunaan gadget pada anak sekolah dasar meliputi karakter sosial anak aspek- aspek yang menimbulkan dampak buruk penggunaan gadget dan upaya apa yang dilakukan sebagi bentuk solusi untuk memitigasi dampak buruk penggunaan gadget pada anak. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Tamanagung Banyuwangi. Data pada penelitian ini adalah terkait dengan pengaruh yang sekaligus menjadi dampak negatif dari gadget dan karakter sosial anak akibat dari dampak negatif penggunaan gadget. Sumber data penelitian ini diperoleh dengan teknik snowball sampling dari hasil wawancara dan observasi terhadap anak SD guru dan orang tua anak SDN 1 Tamanagun Banyuwangi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya observasi wawancara mendalam dan survei dokumentasi. Dimana observasi yang dilakukan menggunakan teknik Observasi nonpartisipatif yaitu pengamatan yang dimana pengamat tidak ikut serta dalam kegiatan melainkan hanya berperan mengamati kegiatan dan juga melakukan wawancara dengan teknik wawancara jenis bebas terpimpin karena dalam wawancara bebas terpimpin peneliti mengkombinasikan antara wawancara bebas dan juga terpimpin dimana peneliti telah menyiapkan daftar pertanyaan yang lengkap dan terperinci secara tertulis untuk memperoleh data dan informasi yang lebih sesuai dengan data yang diperlukan. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penggunaan gadget pada anak usia sekolah dasar tanpa adanya kontrol dan pemahaman yang baik dari anak dan juga orang tua sebagai pemberi fasilitas gadget kepada anak dapat memberikan dampak negatif pada anak seperti anak menjadi kecanduan dalam menggunakan gadget menyebabkan menurunnya minat dan semangat belajar pada anak. Penggunaan gadget pada anak juga dapat memberikan pengaruh pada perkembangan karakter sosial anak seperti pada nilai toleransi berkomunikasi peduli sosial peduli lingkungan dan tanggung jawab pada anak. Seperti pada saat anak bermain dengan gadget anak menjadi memilih-milih dalam berteman sesuai dengan topik kegiatan kurang berkomunikasi dan berinteraksi dengan keluarga dan teman sebaya anak menjadi pasif dengan kurang peduli sosial pada saat asik bersama dengan gadget kurang peduli lingkungan dan kebersihan diri sendiri dan juga berkurangnya tanggung jawab pada anak dimana ketika tanggung jawab anak adalah belajar justru anak sering menghabiskan waktu untuk bermain dengan gadget. (2) Aspek-aspek yang menyebabkan terjadinya pengaruh buruk/negatif penggunaan gadget pada anak diantaranya yaitu fitur yang ada dalam gadget dimana sesuai data yang diperoleh anak lebih banyak melakukan kegiatan bersama gadget untuk bermain game dan media sosial daripada untuk kegiatan belajar hal tersebut menunjukan bahwa adanya fitur yang beragam dalam gadget menyebabkan anak menjadi tertarik dalam beraktivitas bersama dengan gadget yang kedua yaitu kurangnya kontrol dan pemahaman yang baik dari orang tua dimana sesuai penelitian yang dilakukan banyak orang tua yang memberikan fasilitas gadget kepada anaknya tanpa memberikan kontrol dan kurangnya pemahaman dari orang tua akan pentingnya penggunaan gadget dengan baik pada anak yang ketiga yaitu pengaruh lingkungan dan kondisi dimana perkembangan teknologi yang menuntut penggunanya untuk memiliki dan menggunakan gadget dalam aktivitas kehidupan termasuk pada ana usia sekolah dasar dan juga adanya pengaruh lingkungan anak dimana ketika ada temanya yang memiliki gadget maka anak yang lain juga menginginkan hal yang sama dan aspek yang terahir adalah kesibukan orang tua dimana orang tua memiliki tanggung jawab yaitu kesibukan untuk bekerja menyebabkan kurangnya kontrol orang tua pada anak dalam menggunakan gadget. Jadi aspek-aspek di atas dapat menyebabkan terjadinya dampak negatif penggunaan gadget pada anak. (3) Adapun upaya yang dapat dilakukan sebagai bentuk solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang disampaikan sebelumnya tentang pengaruh negatif penggunaan perangkat gadget adalah yang pertama memberikan pemahaman kepada orang tua tentang pentingnya melakukan kontrol yang baik kepada anak tentang penggunaan gadget seperti melalui kegiatan sosialisasi yang dilakukan sebagai bentuk sinergi dari pihak orang tua dan juga guru yang kedua memberikan pemahaman kepada siswa selaku pelaksana dan pengguna gadget tentang pentingnya penggunaan gadget dengan baik oleh anak seperti dampak yang diberikan apabila anak terlalu sering menggunakan gadget kapan waktu yang baik untuk anak dalam menggunakan gadget dan juga pemahaman baik yang lain. Yang ketiga adalah melakukan pengawasan dan pembatasan kepada anak dalam menggunakan gadget seperti anak hanya boleh menggunakan gadget pada waktu-waktu tertentu dan melakukan pengawasan pada anak tentang aktivitas apa yang dilakukan anak dalam menggunakan gadget dan memberikan pengarahan dengan baik. Yang terakhir adalah memberikan contoh yang baik pada anak dimana orang tua dan guru adalah kiblat yang menjadi contoh daripada anak jadi orang tua harus memberikan contoh yang baik pada anak terutama dalam menggunakan gadget seperti kurangi aktivitas bermain gadget didepan anak dan ajak anak beraktivitas dengan kegiatan yang dapat mengalihkan anak dari penggunaan gadget. Saran-saran dalam penelitian ini ditujukan kepada (1) Orang tua siswa dimana orang tua juga mampu untuk lebih memonitoring atau mengkontrol penggunaan gadget pada anak dan orang tua perlu menambah pemahaman akan pentingnya melakukan kontrol baik tentang penggunaan gadget oleh anak (2) Bagi guru perlu dilakukan pembiasaan-pembiasaan baik yang mengarah kepada pembentukan karakter perlu dilakukan mengingat bagaimana fenomena sosial akibat penggunaan gadget dan dampak negatif yang diberikan pada anak yang banyak terjadi di lingkungan dan juga dapat dijadikan acuan untuk guru di sekolah untuk melakukan kegiatan seperti sosialisasi dan berbagi pengetahuan sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi baik bersama dengan orang tua tentang penggunaan gadget yang baik dan sebagaimana mestinya pada anak. (3) Bagi peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk membantu mengatasi dampak negatif penggunaan perangkat terhadap pengguna khususnya di kalangan siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263186 |
Actions (login required)
View Item |