Pengembangan media pembelajaran elektronik tematik berbasis website pada tema 8 subtema 3 upaya pelestarian lingkungan siswa kelas 5 sekolah dasar / Imam Mustopa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran elektronik tematik berbasis website pada tema 8 subtema 3 upaya pelestarian lingkungan siswa kelas 5 sekolah dasar / Imam Mustopa

Mustopa, Imam (2021) Pengembangan media pembelajaran elektronik tematik berbasis website pada tema 8 subtema 3 upaya pelestarian lingkungan siswa kelas 5 sekolah dasar / Imam Mustopa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran yang berbasis teknologi merupakan sarana yang sangat membantu guru dalam proses pembelajaran baik dalam penyampaian pesan/informasi maupun dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa yang dikemas sedemikian rupa dari yang abstrak menjadi konkrit hal tersebut membuat proses pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan. Dengan demikian penggunaan media berbasis teknologi berimplikasi terhadap bangkitnya semangat dan motivasi siswa dalam belajar sekaligus dapat meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan penulisan ini adalah untuk menghasilkan media elektronik berbasis website melalui aplikasi Etematik.id pada pembelajaran tematik kelas 5 sekolah dasar yang valid menurut ahli dan mendeskripsikan respon pengguna terhadap media elektronik berbasis website. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE. Dalam penelitian ini implementasi produk menggunakan uji validasi media uji validasi materi dan uji penguna yaitu guru dan siswa. Penelitian ini menghasilkan media elektronik berbasis website yang layak digunakan saat pembelajaran berlangsung dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan perolehan rekapitulasi uji validasi ahli media sebesar 79% dan ahli materi sebesar 84%. Uji keefektifan diperoleh nilai angket uji coba produk yaitu respon guru sebesar 86% dan respon siswa sebesar 84% dan implementasi produk yaitu respon guru sebesar 90% dan respon siswa sebesar 89% sehingga menunjukkan bahwa media elektronik berbasis website layak untuk digunakan. Saran untuk guru dan siswa media elektronik berbasis website ini dapat digunakan sebagai penunjang dalam pembelajaran tematik pada sekolah khususnya SD Namira Kraksaan Probolinggo. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan mampu memilih atau mengembangkan media pembelajaran yang mendorong motivasi siswa lebih aktif tertarik dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263185

Actions (login required)

View Item View Item