Peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS melalui model Think Pair Share berbantuan media Tematic Pop Up Book pada siswa Kelas V SDN Balerejo 03 Kabupaten Blitar / Hafidz Notokusumo - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS melalui model Think Pair Share berbantuan media Tematic Pop Up Book pada siswa Kelas V SDN Balerejo 03 Kabupaten Blitar / Hafidz Notokusumo

Notokusumo, Hafidz (2021) Peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS melalui model Think Pair Share berbantuan media Tematic Pop Up Book pada siswa Kelas V SDN Balerejo 03 Kabupaten Blitar / Hafidz Notokusumo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil observasi terhadap proses pembelajaran IPS dikelas V SDN Balerejo 03 Kabupaten Blitar diketahui terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran antara lain (1) Model mengajar guru dalam situasi pembelajaran yang masih bersifat klasikal. (2) Guru terlalu mendominasi jalannya pembelajaran. (3) Siswa yang aktif dalam pembelajaran hanya siswa yang pandai saja. (4) Siswa kurang bekerjasama dengan temannya untuk memecahkan permasalahan yang menjadi topik pembelajaran. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa didapatkan hasil bahwa 5 siswa mendapat nilai 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Balerejo 03 Kabupaten Blitar melalui model Think Pair Share berbantuan media Tematic Pop Up Book.. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh persentase hasil belajar siswa meningkat dari tahap pratindakan siklus I dan siklus II. Persentase aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sudah mencapai 100% dan dipertahankan sampai siklus II pertemuan 2. Guru telah berhasil menerapkan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah model Think Pairs Share berbantuan media Tematic Pop Up Book dengan baik. Sedangkan motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 68% dan pertemuan 2 sebesar 72%. Pada siklus II pertemuan 1 persentase motivasi siswa sebesar 79% dan pada pertemuan 2 persentase motivasi sebesar 85%. Untuk rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh 50% dan pertemuan 2 memperoleh 75%. Pada siklus II pertemuan 1 memperoleh 75% dan pertemuan 2 memperoleh 87 5. Disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share berbantuan media Tematic Pop Up Book dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Oleh karena itu disarankan bagi para guru untuk menggunakan model Think Pair Share berbantuan media Tematic Pop Up Book pada pembelajaran IPS supaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Balerejo 03 Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263184

Actions (login required)

View Item View Item