Pengembangan multimedia interaktif berbasis web dalam pembelajaran ips tema daerah tempat tinggalku kelas iv SD / Muhammad Ubaidillah Al Ayyubi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis web dalam pembelajaran ips tema daerah tempat tinggalku kelas iv SD / Muhammad Ubaidillah Al Ayyubi

Ayyubi, Muhammad Ubaidillah Al (2022) Pengembangan multimedia interaktif berbasis web dalam pembelajaran ips tema daerah tempat tinggalku kelas iv SD / Muhammad Ubaidillah Al Ayyubi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan wawancara pada tanggal 26 September 2017 dengan guru kelas IV SDN Tuliskriyo 02 Kabupaten Blitar pembelajaran IPS yang dilakukan masih mengacu pada buku teks. Bahan ajar yang digunkan dalam proses pembelajaran pada kelas IV SDN Tuliskriyo 02 Kabupaten Blitar adalah buku guru dan buku peserta didik kurikulum 2013 tanpa menggunakan bahan ajar yang lain atau menggunakan multimedia interaktif. Sehingga menyebabkan kurangnya minat peserta didik pada kegiatan pembelajaran IPS. Era sekarang sekolah memiliki sarana dan prasarana yang lengkap misalnya laptop LCD proyektor dan internet yang memadai dengan adanya sarana dan prasarana sekolah masih belum memanfaatkannya untuk pembelajaran. Sementara era ini perkembangan teknologi sudah menyeluruh peserta didik SDN Tuliskriyo 02 sebagian besar memiliki smartphone sendiri. Tujuan penelitian pengembangan menghasilkan produk multimedia interaktif berbasis web mata pelajaran IPS tema daerah tempat tinggalku yang valid menurut ahli materi dan ahli media menarik bagi peserta didik dan praktis bagi pengguna/guru. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data deskriptif kualitatif berupa tanggapan dan saran perbaikan dari hasil wawancara dan angket. Data deskriptif kuantitatif diperoleh dari perhitungan hasil angket yang diberikan kepada ahli media ahli materi dan subjek uji coba lapangan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu analisis data deskriptif yang dilakukan dengan ca mengelompokkan informasi dari data berupa masukan atau saran tanggapan dan kritik dari pengguna maupun peserta didik pada instrument pengumpulan data. Data deskriptif kuantitatif diperoleh dari angket atau ceklis yang kemudian dipersentasekan menggunakan rumus hingga dapat ditarik kesimpulan tentang validitas keefektifan keterterapan dan daya tarik produk pengembangan. Pembuatan desain dan perakitan naskah materi IPS (mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi) dimasukkan ke dalam setiap page atau halaman. Pada produk ini peserta didik dapat melihat beberapa paparan materi contoh gambar dan video yang berkaitan dengan materi pelajaran. Peserta didik dapat berinteraksi langsung dengan media ini karena dilengkapi dengan beberapa latihan soal sehingga proses pembelajaran menjadi lebih aktif. Dalam merealisasikan produk peneliti menyimpan seluruh file dalam satu folder. File yang dimaksud seperti gambar video animasi atau file lainnya yang diimport oleh browser. Dalam GUI (graphic user interface) adalah dengan format HTML. Kemudian mempersiapkan autorun dengan format .bat dan autorun.inf sebagai motoric untuk membuka multimedia interaktif berbasis web. Validasi ahli dilasanakan melalui uji coba ahli materi dan uji coba ahli media. Validasi ahli materi meliputi enam aspek dari 6 aspek tersebut hasil penilaian ahli materi adalah empat aspek mendapat skor 5 yaitu pada aspek (a) kesesuaian sistematika multimedia interaktif berbasis web sesuai dengan tujuan (b) kesesuaian penggunaan multimedia interaktif berbasis web pada materi Tema Daerah Tempat Tinggalku (c) tujuan pembelajaran dikembangkan berdasarkan karakteristik peserta didik kelas IV SD dan (d) materi dan bahasa yang disajikan mudah dipahami oleh peserta didik. sedangkan dua aspek yang mendapat skor 4 adalah (a) soal-soal sesuai dengan tujuan pembelajaran dan (b) tujuan pembelajaran dikembangkan sesuai dengan Tema Daerah Tempat Tinggalku Kurikulum 2013. Kriteria sangat valid tidak perlu revisi dengan persentasi mencapai 93%. Sedangkan validasi ahli media dari 10 aspek yang di nilai empat aspek mendapat skor 5 yaitu (a) tampilan multimedia interaktif berbasis web sesuai dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar (b) pemilihan warna jenis huruf background (c) tampilan multimedia interaktif berbasis web rapi dan (d) tampilan secara keseluruhan menarik. Enam aspek mendapat skor 4 yaitu (a) teknik penulisan menu storyboard runtut dan jelas (b) keterpaduan gambar teks dan audio (c) kemudahan mengoperasikan multimedia interaktif berbasis web (d) petunjuk penggunaan sesuai sehingga memudahkan pengguna (e) umpan balik untuk jawaban benar maupun salah sudah tepat dan (f) bahasa yang dipergunakan mudah dipahami. Kriteria sangat valid tidak perlu revisi dengan persentasi mencapai 88%. Hasil uji coba pada peserta didik kelas IV SDN Tuisriyo 02 yang berjumlah 25 peserta didik dapat disimpulkan sangat menarik dengan persentase rata-rata 94%. Adapun hasil uji coba pengguna/guru adalah sebagai berikut pada aspek keefektifan mencapai 93% yang ditunjukkan bahwa adanya perubahan peserta didik yang antusias dan termotivasi dalam belajar pada aspek keterterapan mencapai 90% yang ditunjukkan dengan peserta didik mampu mengerjakan soal-soal pada multimedia interaktif berbasis web dan pada aspek daya tarik mencapai 100% yang ditunjukkan dengan adanya ketertarikan peserta didik dan menjadikan multimedia interaktif berbasis web sebagai hiburan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263183

Actions (login required)

View Item View Item