Penerapan model pembelajaran timed pair share dan quiz-quiz trade untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 12 Banjarmasin / Siti Masdinar Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran timed pair share dan quiz-quiz trade untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 12 Banjarmasin / Siti Masdinar Lestari

Lestari, Siti Masdinar (2021) Penerapan model pembelajaran timed pair share dan quiz-quiz trade untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 12 Banjarmasin / Siti Masdinar Lestari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil observasi pada guru dan siswa di kelas VIIB di SMP Negeri 12 Banjarmasin ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran IPS yaitu (1) guru belum sepenuhnya melibatkan siswa secara aktif (2) pembelajaran berpusat hanya pada guru (3) pembelajaran yang dilakukan guru terlihat kurang menarik bagi siswa sehingga menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa (4) rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Salah satu cara alternatif yang dipilih untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Timed Pair Share dan Quiz-Quiz Trade. Model pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk saling berbagi pengetahuannya saling bekerjasama dalam melaksanakan pembelajaran serta menyenangkan untuk dilakukan pembelajaran secara bersama-sama dan berpusat pada siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS di kelas VIIB. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIIB di SMP Negeri 12 Banjarmasin dengan menerapkan model pembelajaran Timed Pair Share dan Quiz-Quiz Trade. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari lima pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi angket tes wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data penyajian data dan penyimpulan hasil analisis. Adapun kriteria keberhasilan tindakan yang telah ditentukan pada penelitian ini adalah apabila motivasi dan hasil belajar siswa mencapai ge 80% dari keseluruhan siswa dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis data penelitian tindakan yang telah dilaksanakan pada siklus I menunjukkan bahwa (1) hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai 80 99% dan keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa mencapai 82 55% (2) hasil angket motivasi belajar siswa sebesar 76 47% dan (3) hasil belajar kognitif siswa mencapai 53 12%. Data pada siklus I tersebut belum mencapai kriteria keberhasilan tindakan sehingga perlu dilaksanakan perbaikan pada tindakan selanjutnya yaitu siklus II. Pada siklus II menunjukkan bahwa (1) hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai 81 51% dan keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa sebesar 83 86% (2) hasil analisis data angket motivasi belajar siswa mencapai 86 61% (3) hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran IPS pada siklus II sebesar 84 38%. Hasil analisis data pada siklus II tersebut menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan tindakan telah tercapai sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus atau tindakan selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh adapun saran-saran yang dapat peneliti berikan diantaranya yaitu (1) Guru dapat menerapkan model pembelajaran Timed Pair Share dan Quiz-Quiz Trade sebagai pilihan model pembelajaran yang tepat dengan menyesuaikan materi yang akan diajarkan dalam kegiatan pembelajaran dan guru dapat menambah informasi serta masukan dalam melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran IPS. Penerapan model pembelajaran Timed Pair Share dan Quiz-Quiz Trade memerlukan pengelolaan kelas pengaturan waktu dan pengelompokkan siswa yang baik agar pelaksanaan pembelajaran dapat dicapai sesuai tujuan yang sudah direncanakan (2) Peneliti lain dapat menggunakan penelitian ini sebagai salah satu acuan penelitiannya yang sejenis. Peneliti lain juga dapat memperbaiki dan mengembangkan penelitian yang menggunakan penerapan model pembelajaran Timed Pair Share dan Quiz-Quiz Trade. Dan sebaiknya saat peneliti menggunakan model pembelajaran ini peneliti atau guru menjelaskan kegiatan dan langkah-langkah pembelajaran secara rinci sehingga ketika kegiatan pelaksanaan pembelajaran siswa mengetahui apa yang harus dia lakukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263182

Actions (login required)

View Item View Item