Pengembangan media paket pop up book untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas iv tema pahlawanku / Ely Kristiyana Cahyaningtrang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media paket pop up book untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas iv tema pahlawanku / Ely Kristiyana Cahyaningtrang

Cahyaningtrang, Ely Kristiyana (2022) Pengembangan media paket pop up book untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas iv tema pahlawanku / Ely Kristiyana Cahyaningtrang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cahyaningtrang Ely Kristiyana. 2021. Pengembangan Media Paket Pop Up Book Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Tema Pahlawanku Kelas IV. Tesis Program Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (2) Dr. Azizatuz Zahro rsquo S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media Paket Pop Up Book Aktivitas Belajar Hasil Belajar. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang melibatkan siswa untuk mempelajari materi secara aktif baik mental maupun fisik. Selama proses pembelajaran berlangsung siswa sebagai pusat dan pelaku aktif sedangkan guru hanya fasilitator. Penggunaan media mampu memberikan rangsangan yang penting mempelajari materi pembelajaran. Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran melibatkan semua indera siswa. Media dapat memperjelas dan memperlancar penyampaian materi pelajaran meningkatkan antusias siswa dan dapat menjadi penghubung antara isi materi pembelajaran dengan dunia nyata sehingga siswa memperoleh informasi dari media yang mereka manipulasi. Belajar sambil bermain menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa untuk belajar sehingga daya imajinasi anak berkembang. Media pembelajaran paket pop up book cocok untuk meningkatkan kualitas belajar siswa baik proses maupun hasil. Pop up book menvisualisasikan materi yang semula bersifat abstrak menjadi konkret sehingga dapat memperjelas isi meteri pembelajaran serta mudahkan siswa menerima dan mengingat. Anak adalah pembelajar yang aktif. Sebagai pembelajar yang aktif siswa tidak hanya mempelajari dan mengingat apa yang dilihat dan didengar tetapi siswa aktif berusaha mencari informasi untuk membantu pemahaman dan kesadaran terhadap kenyataan dunia yang mereka hadapi. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media paket pop up book yang layak praktis menarik dan efektif. Media paket pop up book yang dikembangakan memuat materi pahlawan muatan IPS untuk siswa kelas IV sekolah dasar untuk mendukung pemahaan materi pahlawan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menghasilkan 6 paket pop up book tema Pahlawanku. Satu buku pop up terdapat 6 puzzle pahlawan serta permainan ular tangga di halaman sampul belakang. Paket pop up book ini mengalami perubahan bentuk serta gerakan objek tiga dimensi ketika dibuka sehingga memiliki visualisasi cerita yang menarik dan memberikan ruang imajinasi bagi siswa untuk berkreatifitas. Pengembangan pop up book ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R amp D yang dilakukan hanya 9 tahap meliputi (1) rdquo tahap studi pendahuluan rdquo (2) rdquo perencanaan rdquo (3) rdquo pengembangan draf awal rdquo (4) rdquo uji coba kelayakan oleh ahli rdquo (5) rdquo revisi produk hasil uji coba ahli rdquo (6) rdquo uji coba kelompok kecil rdquo (7) rdquo revisi hasil uji coba kelompok kecil rdquo (8) rdquo uji coba kelompok besar rdquo dan (9) rdquo revisi dan penyempurnaan produk akhir rdquo . Berdasarkan penilaian dari ahli materi ahli media dan pengguna baik guru dan siswa untuk menguji kevalidan kepraktisan kemenarikan dan keefektifan dapat diperoleh informasi bahwa pengembangan media paket pop up book memenuhi kriteria layak sebesar 91 76% praktis sebesar 93 97% menarik sebesar 92 39% efektif sebesar 88 22% sedangkan penilaian aktivitas belajar siswa 92 85%. Media paket pop up book dinyatakan layak oleh para ahli karena materi yang disajikan mencerminkan jabaran yang mendukung tercapainya kompetensi dasar serta penyajian materi sesuai dengan kebutuhan siswa untuk mempermudah memahami materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263181

Actions (login required)

View Item View Item