Wahyuniar, Carela Firda (2021) Peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana dan aktivitas belajar pada siswa Kelas III melalui penerapan picture word inductive model (PWIM) di SDN Jatisari 03 Kabupaten Jember / Carela Firda Wahyuniar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wahyuniar Carela. F. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana dan Aktivitas Belajar pada Siswa Kelas III melalui Penerapan Picture Word Inductive Model (PWIM) di SDN Jatisari 03 Kabupaten Jember. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (2) Dr.Sulthoni M.Pd. Kata Kunci keterampilan menulis karangan sederhana aktivitas belajar picture word inductive model (PWIM). Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar meliputi pembelajaran menyimak berbicara membaca dan menulis. Salah satu pembelajaran bidang aktivitas dan materi di sekolah dasar yang memegang peranan penting ialah keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan salah satu bentuk keterampilan berbahasa yang sangat penting selama mengikuti kegiatan di sekolah proses pembelajaran juga banyak ditentukan oleh kemampuan siswa dalam menulis. Oleh karena itu sedini mungkin anak harus mampu menguasai keterampilan menulis dalam kehidupan sehari-hari.Picture Word Inductive Model (PWIM) adalah model yang dapat dijadikan sebagai alternatif untuk memfasilitasi dan melibatkan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana dan aktivitas belajar pada siswa kelas III di SDN Jatisari 03 melalui penerapan Picture Word Inductive Model (PWIM). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yang digunakan yakni siswa kelas III SDN Jatisari 03 Kabupaten Jember yang terdiri dari 35 siswa pada tahun pelajaran 2018/2019. Kehadiran peneliti adalah sebagai instrumen kunci dalam melaksanakan tindakan dan mengumpulkan data penelitian dengan menyesuaikan kondisi kelas pada saat itu sehingga diperoleh data yanglengkap. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu RPP lembar observasi keterlaksanaan PWIM lembar hasil belajar menulis karangan sederhana lembar observasi aktivitas belajar pedoman wawancara dan foto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Picture Word Inductivedari siklus I sampai pada siklus II terbukti mengalami peningkatan pada aspek keterlaksanaan pembelajarannya. Dibuktikan dari skor keterlaksanaan pembelajaran di siklus I yakni 79% menjadi sebesar 88% pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 9% (2) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran dengan model Picture Word Inductive mengalami peningkatan dalam aspek keaktifan siswa. Terbukti dengan perolehan skor pada siklus I sebesar 71% meningkat menjadi 79% pada siklus II atau terjadi peningkatan 8% (3) kemampuan kognitif siswa khususnya dalam aspek kemampuan membuat karangan sederhana dengan menerapkan model Picture Word Inductivemengalami kenaikan yang cukup signifikan. Terbukti dengan perolehan rata-rata kelas dari siklus I sebesar 66% menjadi 81% pada siklus II. Kemudian ketuntasan klasikal pada siklus I yakni 57% menjadi 89% pada siklus II. Hal ini berarti medel Picture Word Inductivedapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263180 |
Actions (login required)
View Item |