Ahyansyah (2020) Pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi operasi hitung pecahan kelas V Sekolah Dasar / Ahyansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil tes programe international for student assessment (PISA) tahun 2015 hasil tes trends international mathematics and science study (TIMSS) tahun 2015 dan data Puspendik Kemendikbud tahun 2019 menunjukan bahwa kemampuan matematika siswa Indonesia masih dalam kategori kurang atau rendah. Selain itu hasil tes kemampuan awal pemecahan masalah matematika siswa yang menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa rendah yang ditunjukan dengan siswa tidak mampu memahami masalah yang diberikan sehingga siswa tidak dapat menentukan strategi yang dilakukan mengoperasikan strategi yang dipilih dan menemukan kembali jawaban dari masalah yang diberikan. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa adalah bahan ajar yang digunakan tidak mendukung kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sesuai dengan tingkat perkembangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar pendukung proses pembelajaran matematika materi operasi hitung pecahan berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang valid dan praktis. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp. Model penelitian dan pengembangan Plomp yang digunakan terdiri dari 3 (tiga) tahap yakni (1) tahap penelitian awal (preliminary research) (2) tahap pengembangan prototipe (prototipye phase) dan (3) tahap penilaian (assessment phase). Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku siswa dan buku guru sebagai panduan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran materi operasi hitung pecahan kelas V. Selain itu perangkat pembelajaran yakni RPP dan soal tes akhir juga validasi untuk melengkapi bahan ajar yang dikembangkan. Hasil uji kevalidan bahan ajar berupa buku guru dan buku siswa menunjukan bahwa (1) rata-rata persentase kevalidan buku guru menurut ahli materi dan PMRI adalah sebesar 72% dengan kriteria valid (2) rata-rata persentase kevalidan buku guru menurut ahli media adalah sebesar 95 4% dengan kriteria penilaian sangat valid (3) rata-rata persentase kevalidan buku siswa menurut ahli materi dan PMRI adalah sebesar 71 7% dengan kriteria penilaian valid (4) rata-rata persentase kevalidan buku guru menurut ahli media adalah sebesar 95 4% dengan kriteria penilaian sangat valid (5) rata-rata persentase kevalidan buku siswa menurut ahli materi amp PMRI serta ahli media adalah sebesar 83 7% dengan kriteria penilaian valid (6) rata-rata persentase kevalidan buku siswa menurut ahli materi amp PMRI serta ahli media adalah sebesar 83 6% dengan kriteria penilaian valid. Hasil di atas dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa buku guru dan buku siswa memenuhi kriteria valid dengan persentase 83 7%. Hasil uji kepraktisan bahan ajar berupa buku guru dan buku siswa menunjukan bahwa (1) rata-rata persentase kepraktisan buku guru menurut penilaian guru adalah sebesar 94 6% dengan kriteria penilaian sangat praktis (2) rata-rata persentase kepraktisan buku siswa menurut penilaian guru adalah sebesar 93 8% dengan kriteria penilaian sangat praktis dan (3) rata-rata persentase kepraktisan buku siswa menurut penilaian siswa adalah sebesar sebesar 76 7% dengan kriteria penilaian praktis. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa buku guru dan buku siswa memperoleh nilai sebesar 90% dengan kriteria penilaian sangat praktis. Sedangkan hasil uji kevalidan RPP dan soal tes akhir menunjukan bahwa rata-rata persentase kevalidan RPP sebesar 79 4% dengan kriteria valid dan rata-rata persentase kevalidan soal tes akhir sebesar 76 4% dengan kriteria valid. Hasil di atas dapat disimpulkan bahwa RPP dan soal tes akhir memenuhi kriteria valid. Selanjutnya ada beberapa saran dari peneliti untuk perbaikan produk bahan ajar antara lain (1) hasil pengembangan bahan ajar diharapkan mampu sebagai bahan ajar alternatif pada materi operasi hitung pecahan kelas V sekolah dasar (2) bahan ajar diharapkan mampu menjadi bahan pertimbangan dalam mengembangkan bahan ajar yang serupa (3) penelitian dan pengembangan ini hanya pada uji kevalidan dan penilaian kepraktisan oleh pengguna oleh sebab itu bagi peneliti dan pengembang lainnya dapat mempertimbangkan untuk melakukan uji kepraktisan lebih lanjut yakni uji coba skala besar untuk mengetahui tingkat efektivitas dari bahan ajar yang dikembangkan (4) penyajian materi dan soal dalam bahan ajar perlu disesuaikan dengan karakteristik siswa sebagai subyek penelitian (5) menggunakan masalah kontekstual yang memiliki karakteristik alam dan sesuai budaya Indonesia agar pembelajaran lebih bermakna dan meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Feb 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263177 |
Actions (login required)
View Item |