Akhsana, Wildan (2022) Analisis soal matematika sekolah dasar bercirikan higher order thinking (hot) ujian sekolah/madrasah (us/m) Provinsi Jawa Timur / Wildan Akhsana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penilaian muatan matematika berbagai tingkatan harus dapat menjawab tantangan abad 21 salah satunya yakni kecakapan dalam berpikir atau cakap dalam mengolah ranah kognitifnya. Kecakapan berpikir dalam pembelajaran dapat diketahui salah satunya melalui proses evaluasi. Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang digunakan pada sistem pendidikan di Indonesia. Ujian Nasional merupakan proses kegiatan belajar mengajar yang tidak dapat dipisahkan dengan serangkaian kegiatan lainnya dalam pelaksanaan kurikulum. Ujian Nasional untuk tingkat SD saat ini digantikan dengan Ujian Sekolah/ Madrasah (US/M). Soal-soal yang tersajikan dalam UN harus berdasarkan materi yang telah diajarkan serta juga harus dapat mengukur tingkat kedalaman berpikir anak. Berdasarkan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2018 sistem pembelajaran juga harus berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS). Hasil UN tahun 2018 menunjukkan bahwa kemampuan berpikir siswa masih lemah jika dilihat melalui capaian Programme for International Student Assessment (PISA) dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) sejak tahun 2015 meski mengalami peningkatan signifikan sejak tahun 2012. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas soal US/M muatan pelajaran matematika berdasarkan aspek kemampuan berpikir analisis evaluasi dan kreasi yang dimiliki oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan menjabarkan kriteria HOTS dalam soal US/M matematika Provinsi Jawa Timur setelah diberlakukannya kurikulum 2013. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif karena berusaha menjelaskan apakah soal US/M matematika Jawa Timur telah memenuhi kriteria HOTS. Penentuan kriteria kemampuan berpikir didasarkan pada indikator yang terdapat dalam teori revisi Taksonomi Bloom. Data penelitian yang digunakan berupa soal Matematika tingkat Sekolah Dasar dalam US/M Provinsi Jawa Timur sejak diberlakukan kurikulum 2013 yakni lima paket soal pada US/M tahun 2014 2015 2016 2017 dan 2018. Total keseluruhan soal yang diteliti berjumlah 195 butir meliputi 40 soal obyektif dengan empat pilihan jawaban pada tahun 2014 ndash 2017 serta 30 soal pilihan ganda dan lima soal uraian di tahun 2018. Berdasarkan hasil analisis terhadap soal matematika US/M Provinsi Jawa Timur tahun 2014 ndash 2018 yang telah dilakukan terdapat 17 soal matematika dengan ciri higher order thinking (HOTS) berdasarkan indikator revisi Taksonomi Bloom yang ditemukan pada materi US/M Provinsi Jawa Timur sejak diberlakukannya Kurikulum 2013. Pada 40 soal matematika US/M Provinsi Jawa Timur tahun 2014 terdapat dua soal bercirikan HOTS yakni soal nomor 32 dan 34 terkait aspek kognitif mengorganisasikan. Pada 40 soal matematika US/M Provinsi Jawa Timur tahun 2015 terdapat dua soal bercirikan HOTS yaitu soal nomor 32 dan 34 terkait aspek kognitif mengorganisasikan. Pada 40 soal matematika US/M Provinsi Jawa Timur tahun 2016 terdapat dua soal bercirikan HOTS yaitu soal nomor 13 dan 36 terkait aspek kognitif mengorganisasikan. Pada 40 soal matematika US/M Provinsi Jawa Timur tahun 2017 terdapat lima soal bercirikan HOTS yaitu soal nomor 3 21 26 36 dan 37 terkait aspek kognitif mengorganisasikan. Pada 35 soal matematika US/M Provinsi Jawa Timur tahun 2018 terdapat enam soal bercirikan HOTS yaitu soal nomor 6 9 13 16 32 dan 33 mengenai aspek kognitif mengorganisasikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan kajian terkait dengan penerapan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai karakteristik dari Kurikulum 2013 bagi rekan-rekan pengajar secara umum khususnya pada bidang mata pelajaran matematika. Hasil penelitian juga diharapkan mampu memberi saran dan evaluasi bagi Dinas Pendidikan di tingkat Provinsi sebagai kajian dalam menentukan kebijakan materi soal bercirikan HOTS pada periode ujian di tahun selanjutnya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 00:55 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |