Penggunaan Kotak Pintar Berbasis PJBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Keterlibatan Orang Tua Pada Materi Kubus Dan Balok Siswa Kelas V Di Masa Pandemi Covid-19 / Luluk Faridatuz Zuhroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan Kotak Pintar Berbasis PJBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Keterlibatan Orang Tua Pada Materi Kubus Dan Balok Siswa Kelas V Di Masa Pandemi Covid-19 / Luluk Faridatuz Zuhroh

Zuhroh, Luluk Faridatuz (2021) Penggunaan Kotak Pintar Berbasis PJBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Keterlibatan Orang Tua Pada Materi Kubus Dan Balok Siswa Kelas V Di Masa Pandemi Covid-19 / Luluk Faridatuz Zuhroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu metode yang dikembangkan dalam pembelajaran di masa pandemi karena dapat meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Penelitian ini berangkat dari adanya permasalahan siswa kelas V SDN Bandungrejosari 3 pada pembelajaran materi kubus dan balok di masa pandemi Covid-19. Pembelajaran dengan menggunakan media kotak pintar berbasis Project Based Learning (PjBL) dirasa mampu meningkatkan krativitas dan keterlibatan orang tua pada pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Kreativitas pada penelitian ini diukur dengan tiga indikator yaitu fluency flexibility originality. Sedangkan keterlibatan orang tua diukur melalui kuesioner yang meliputi aspek komunikasi ketersediaan sarana dan prasarana serta kolaborasi. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mendeskripsikan penggunaan kotak pintar berbasis PjBL yang dapat meningkatkan kreativitas dan keterlibatan orang tua pada pembelajaran materi kubus dan balok siswa kelas V di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini juga mendeskripsikan bagaimana peningkatan kreativitas dan keterlibatan orang tua pada pembelajaran materi kubus dan balok siswa kelas V di masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan media kotak pintar berbasis PjBL. Penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana peneliti berfungsi sebagai guru sekaligus perancang dalam penelitian. Penelitian terdiri dari dua siklus diawali dengan perencanaan tindakan observasi refleksi dan seterusnya secara bersiklus sampai peningkatan yang diharapkan tercapai. Pengumpulan data penggunaan kotak pintar berbasis PjBL dan kreativitas dilakukan dengan observasi sedangkan data keterlibatan orang tua diperoleh melalui pembagian lembar kuesioner kepada wali siswa kelas V SDN Bandungrejosari 3 Malang yang berjumlah 30 orang. Langkah-langkah penggunaan kotak pintar berbasis PjBL yang mendukung peningkatan kreativitas dan keterlibatan orang tua antara lain (1) menentukan pertanyaan mendasar (2) mendesain perencanaan proyek (3) menyusun jadwal (4) memonitor siswa dan kemajuan proyek (5) mengkomunikasikan hasil kerja siswa (6) menguji hasil dan (7) evaluasi pengalaman. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada semua indikator kreativitas yang diukur. Indikator kefasihan memperoleh peningkatan tertinggi yaitu 9 58% kebaruan meningkat 7 08% dan fleksibilitas meningkat 1 25%. Berdasarkan hasil kuesioner keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah juga diperoleh peningkatan pada ketiga aspek yang diukur. Rerata persentase keterlibatan orang tua pada aspek komunikasi meningkat 14 17% kolaborasi meningkat 6 25% dan aspek penyediaan sarana dan prasarana meningkat 3 95%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263173

Actions (login required)

View Item View Item