Pembelajaran jarak jauh secara online di MI Alhayatul Islamiyah Malang pada masa pandemi covid-19 / Fufa Masruro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran jarak jauh secara online di MI Alhayatul Islamiyah Malang pada masa pandemi covid-19 / Fufa Masruro

Masruro, Fufa (2021) Pembelajaran jarak jauh secara online di MI Alhayatul Islamiyah Malang pada masa pandemi covid-19 / Fufa Masruro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan handphone laptop atau komputer dan memanfaatkan jaringan internet. Sejak dilanda pandemi Covid-19 Pemerintah Indonesia menghimbau seluruh masyarakat agar turut serta dalam menghentikan penyebaran Covid-19 ini. Salah satu caranya yaitu menghindari kerumunan dan tidak melakukan kontak fisik. Dalam dunia pendidikan cara tersebut dilakukan dengan menerapkan pembelajaran daring. Namun dalam pelaksanaannya masih dijumpai adanya masalah-masalah yang dapat menghambat tercapainya tujuan pembelajaran daring. Oleh sebab itu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di sebuah sekolah dasar. MI Alhayatul Islamiyah dipilih sebagai lokasi penelitian dikarenakan sebagian siswa juga berstatus sebagai santri Pondok Pesantren Alhayatul Islamiyah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan kendala upaya dan keberhasilan pembelajaran daring di MI Alhayatul Islamiyah sebagai sekolah yang berada di lingkungan Pondok Pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu data pelaksanaan pembelajaran daring data kendala yang muncul akibat pembelajaran daring data upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kendala yang ada dan data keberhasilan pembelajaran daring. Sedangkan subyek penelitiannya dipilih dengan menggunakan teknik snowball sampling. Untuk mendapatkan data dilakukan teknik observasi wawancara dan dokumentasi terhadap sumber penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan banyaknya kendala baik yang dialami oleh siswa guru maupun orang tua siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring. Mengetahui adanya kendala tersebut sekolah melakukan berbagai upaya agar kendala yang ada dapat teratasi. Namun ternyata upaya-upaya yang dilakukan sekolah tidak sepenuhnya dapat mengatasi kendala yang muncul. Cara dan strategi yang dilakukan sekolah hanya dapat mengurangi dan meminimalisir kendala yang terjadi akibat pembelajaran daring. Sesuai hasil analisis yang telah dijelaskan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring kurang efektif untuk diterapkan di MI Alhayatul Islamiyah. Siswa guru dan orang tua siswa kurang sepakat dengan penerapan pembelajaran daring. Sehingga keberhasilan pembelajaran daring di MI Alhayatul Islamiyah tergolong dalam kategori kurang berhasil. Pembelajaran dengan metode blended learning lebih cocok untuk dilaksanakan di MI Alhayatul Islamiyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263169

Actions (login required)

View Item View Item