Pengaruh model pembelajaran authentic problem based learning (apbl) berbantuan mind map terhadap penguasaan konsep IPA pada Kelas V SD / L Muh Zulqutbi Azhari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran authentic problem based learning (apbl) berbantuan mind map terhadap penguasaan konsep IPA pada Kelas V SD / L Muh Zulqutbi Azhari

Azhari, L Muh Zulqutbi (2022) Pengaruh model pembelajaran authentic problem based learning (apbl) berbantuan mind map terhadap penguasaan konsep IPA pada Kelas V SD / L Muh Zulqutbi Azhari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Secara umum rendahnya penguasaan konsep IPA di sekolah-sekolah disebabkan kesulitan siswa dalam mempelajari IPA. Hasil observasi yang dilakukan terhadap hasil belajar siswa SD pada kelas Va dan Vb menunjukkan bahwa rata-rata dari 25 siswa di masing-masing kelas hanya 8 dari 25 orang siswa yang mampu memahami fakta dan konsep yang ada atau bisa dikatakan bahwa belum setengahnya dapat menguasai konsep-konsep IPA. Dilihat dari nilai yang diperoleh siswa bahwa pembelajaran IPA pada kelas Va dan Vb belum optimal dengan mengamati proses pembelajaran IPA pada kelas Va dan Vb bahwa pembelajaran tersebut lebih menekankan pada kemampuan berpikir siswa dan tidak memperhatikan penguasaan fakta dan konsep yang ada. Untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa tidak hanya dengan aPBL saja akan tetapi juga ditambahkan Mind Map. Metode eksperimen menjadi dasar penelitian ini. Rancangan yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dalam satu jenjang kelas yang sama namun berbeda rombongan belajar. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas Va dan Vb SD Tahun Akademik 2016/2017. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang dikumpulkan berupa skor hasil tes materi organ tubuh manusia dan hewan. Tes dipergunakan untuk memperoleh data penguasaan konsep IPA siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan teknik statistik. Untuk mengukur kualitas instrumen tes perlu diuji validitas butir soal reliabilitas taraf kesukaran dan daya beda soal per item. Kemudian dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Terakhir dilakukan pretest dan posttest (uji hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada penerapan model aPBL berbantuan mind map dengan model PBL terhadap penguasaan konsep IPA kelas Vb di SD. Perbedaan yang terlihat yaitu penguasaan konsep IPA kelas V dengan menggunakan model aPBL berbantuan mind map ternyata lebih tinggi daripada penguasaan konsep IPA kelas V yang menggunakan model PBL. Selain itu terlihat bahwa pembelajaran dengan model aPBL berbantuan mind map ternyata lebih efektif daripada menggunakan model PBL. Saran untuk pihak yang berkepentingan terhadap penelitian ini yaitu (1) guru diharapkan untuk dapat lebih menguasai tahapan-tahapan pembelajaran model aPBL berbantuan mind map (2) guru diharapkan dapat mengkondisikan siswa baik selama proses pembelajaran maupun ketika siswa diminta mengerjakan soal pretest dan posttest dan (3) hendaknya menyiapkan observer lebih dari satu sehingga lebih dapat merekam proses pembelajaran dengan lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263168

Actions (login required)

View Item View Item