Pengembangan media softbook untuk pembelajaran nilai kemandirian anak usia dini melalui pembelajaran individual di rumah / Bilqis Nur Zaqia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media softbook untuk pembelajaran nilai kemandirian anak usia dini melalui pembelajaran individual di rumah / Bilqis Nur Zaqia

Zaqia, Bilqis Nur (2022) Pengembangan media softbook untuk pembelajaran nilai kemandirian anak usia dini melalui pembelajaran individual di rumah / Bilqis Nur Zaqia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bilqis Nur Zaqia. 2021. Pengembangan Media Softbook Untuk Pembelajaran Nilai Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Individual Di Rumah. Tesis Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa rsquo dun Akbar M.Pd. (II) Prof. Dr. Imron Arifin M.Pd. Kata Kunci Nilai Kemandirian Anak Usia Dini Pembelajaran Individual Pembelajaran pendidikan karakter anak lebih sering dilakukan di sekolah melalui pembiasaan yang berlanjut pula dilakukan di rumah tetapi berbeda dengan tahun 2020 tepatnya di pertengahan bulan maret telah terjadi pandemi covid-19 yang mengharuskan pembelajaran sepenuhnya dilakukan di rumah. Penelitian ini berfokus untuk menghasilkan media soft book yang dapat menstimulasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini yang layak (valid praktis dan menarik) untuk pembelajaran individual dirumah. Penelitian dilakukan menggunakan model ADDIE dengan metode kualitatif berupa hasil observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada siswa guru pendamping dan kepala sekolah TA Al Jabbar Malang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif berupa (a) Analisis Data Tingkat Kevalidan (b) Analisis Data Uji Coba Pengguna (c) Analisis Data Tingkat Keefektifan Media. Adapun hasil dari penelitan ini berupa hasil validasi memperoleh rerata keseluruhan sebesar 4 00. Hasil akhir validasi termasuk dalam kriteria valid (memuaskan). Pengembangan ini telah melalui uji coba terbatas untuk mengetahui tingkat kepraktisan buku ajar. Hasil uji coba terbatas memperoleh rerata keseluruhan sebesar 91 01 %. Hasil akhir tingkat kepraktisan termasuk dalam kriteria praktis. Dengan demikian media ajar softbook ini layak untuk digunakan diuji cobakan dengan skala besar sebagai media ajar untuk pembelajaran nilai kemandirian AUD. Saran yang diajukan untuk penelitian selanjutnya berupa isi materi perhalaman tidak terlalu padat namun tidak juga terlalu tipis karena jika terlalu padat akan membuat pembaca malas membaca. Namun jika tipis maka siswa cenderung bosan. Isi cukup lengkap dan sangat baik Inovasi dalam pembelajaran sudah cukup baik lebih baik lagi jika inovasi ini dapat dikembangkan agar menciptakan media pembelajaran yang unik dan siswa merasa tidak bosan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 08:54
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263167

Actions (login required)

View Item View Item