Pengembangan e-book berbasis proyek dengan pembelajaran jarak jauh pada muatan ipa untuk meningkatkan kreativitas siswa Kelas IV Sekolah Dasar / Rate Seftinindias Dwi Kumala - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-book berbasis proyek dengan pembelajaran jarak jauh pada muatan ipa untuk meningkatkan kreativitas siswa Kelas IV Sekolah Dasar / Rate Seftinindias Dwi Kumala

Kumala, Rate Seftinindias Dwi (2022) Pengembangan e-book berbasis proyek dengan pembelajaran jarak jauh pada muatan ipa untuk meningkatkan kreativitas siswa Kelas IV Sekolah Dasar / Rate Seftinindias Dwi Kumala. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa sebagaimana yang tercantum dalam tujuan kurikulum 2013. Kreativitas dapat diartikan sebagai keterampilan siswa dalam membuat gagasan-gagasan yang baru memperkaya informasi dan mampu melihat sesuatu dari sudut pandang berbeda. Khususnya dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar yang menekankan pembelajarannya pada pengalaman langsung (learning by doing) sehingga siswa dapat mengembangkan keterampilan yang dimiliki. Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19 bahan ajar yang digunakan kurang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa dari aspek materi dan aspek kegiatan yang masih minim aktivitas yang dapat dilakukan siswa serta pelaksanaannya hanya menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut menyebabkan siswa kesulitan dalam mengembangkan potensi kreatif yang dimiliki. Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa mengembangkan kreativitas melalui masalah dan kegiatan proyek yang harus diselesaikan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan e-book berbasis proyek dengan pembelajaran jarak jauh pada muatan IPA dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas IV Sekolah Dasar dari segi validitas kepraktisan dan keefektifan. Prosedur penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE di mana terdapat 5 tahapan yaitu analyze design develop implementation dan evaluate. Desain uji coba menggunakan pretest posttest control group design. Keefektifan diukur berdasarkan hasil tes kreativitas siswa sebelum dan sesudah penggunaan produk dan berdasarkan uji sample independent t-test (uji t). Tes kreativitas tersebut berupa soal essay yang berjumlah 5 soal. Setiap soal disusun untuk mengukur setiap indikator dalam kreativitas siswa disesuaikan dengan indikator dan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Sebelum tes tersebut digunakan telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas dan diperoleh data bahwa soal tersebut valid dan reliabel untuk digunakan. Sedangkan kevalidan produk diukur berdasarkan hasil validasi ahli materi validasi bahan ajar dan validsasi praktisi lapangan. Sedangkan kepraktisan diukur berdasarkan hasil respons siswa setelah penggunaan produk. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan produk dilakukan dengan cara menghitung skor perolehan yang didapat dari setiap aspek kemudian dibagi dengan hasil masksimal skor yang seharusnya diperoleh. Namun sebelum itu terlebih dahulu dicari nilai rata-rata pada setiap aspeknya. xx Hasil pengembangan e-book terdiri dari beberapa bagian halaman yaoitu 1) halaman sampul 2) halaman infromasi tentang produk seperti kata pengantar dan petunjuk penggunaan 3) halaman Kompetensi Inti Kompetensi Dasar dan tujuan pembelajaran 4) halaman pembelajaran yang memuat materi tugas kegiatan proyek video pembelajaran audio link tautan yang menghubungkan antara e-book dengan lembar pengumpulan tugas di google form atau lembar kerja siswa yang harus di unduh oleh siswa untuk menyelesaikan tugas dan 5) halaman glosarium dan biografi penulis. Sedangkan urutan penyajian dalam e-book berbasis proyek yang dikembangkan siswa akan mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan pada hewan siklus hidup hewan metamorfosis jenis-jenis metamorfosis manfaat makhluk hidup bagi lingkungan dan upaya pelestarian hewan dan tumbuhan. Pada akhir pembelajaran siswa diberikan kegiatan ldquo Ayo Membuat Proyek rdquo . Kegiatan tersebut dirancang di akhir pembelajaran sebagai rangkaian aplikasi dari apa yang telah siswa pelajari pada pembalajaran-pembelajaran sebelumnya. Tahapan atau sintaks pembelajaran berbasis proyek dapat terlihat pada saat siswa mengerjakan aktivitas tersebut. E-book berbasis proyek yang dikembangkan dikatakan valid praktis dan efektif. Valid berdasarkan telaah ahli bahan ajar (84 9%) ahli materi (84 7%) dan praktisi lapangan (3 6) serta praktis berdasarkan respons siswa (96 1%). Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000. (sig. lt 0.05) dengan demikian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah e-book berbasis proyek mampu meningkatkan kreativitas siswa kelas IV Sekolah Dasar pada muatan IPA materi Daur Hidup Hewan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263165

Actions (login required)

View Item View Item