Pengaruh model pembelajaran siklus belajar 5e terhadap keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa SD pada muatan IPA / Iswahyuni Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran siklus belajar 5e terhadap keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa SD pada muatan IPA / Iswahyuni Wati

Wati, Iswahyuni (2022) Pengaruh model pembelajaran siklus belajar 5e terhadap keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa SD pada muatan IPA / Iswahyuni Wati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir kritis perlu dilatihkan kepada siswa karena memiliki keterampilan berpikir kritis sangat berguna baik ketika masih menempuh pendidikan ataupun dalam kehidupan siswa di masa mendatang khususnya untuk menyelesaikan problem yang ditemuinya. Berdasarkan beberapa penelitian diketahui bahwa keterampilan berpikir kritis siswa Indonesia belum terlalu tinggi dikarenakan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga keterampilan berpikir kritis perlu dilatihkan kepada siswa. Model pembelajaran untuk melatih siswa memiliki keterampilan berpikir kritis misalnya model pembelajaran siklus belajar 5E. Dari beberapa penelitian terdahulu diketahui bahwa model pembelajaran siklus belajar 5E selain mampu melatih keterampilan berpikir kritis siswa juga mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa. Namun demikian pada penelitian tersebut kegiatan pembelajaran dilakukan secara luring dan data berpikir kritis dikumpulkan dengan menggunakan soal uraian. Sedangkan pada penelitian ini kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring dengan memanfaatkan internet dan microsoft 365 serta pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran siklus belajar 5E terhadap keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa SD pada muatan IPA. Jenis penelitian ini termasuk quantitative dengan desain preexperimental dan subjek penelitiannya menggunakan satu kelompok kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan desain pretest-posttest satu kelompok. Subjek pada penelitian ini siswa kelas VB SD Brawijaya Smart School semester I tapel 2020-2021 sebanyak 24 siswa. Pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda. Analisis data yang terkumpul menggunakan paired sample t-test setelah dilakukan uji normalitas data. Penelitian ini memperlihatkan hasil (1) adanya pengaruh signifikan pada penggunaan model siklus belajar 5E terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (2) adanya pengaruh signifikan penggunaan model siklus belajar 5E terhadap penguasaan konsep Ilmu Pengetahuan Alam materi organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia dan hewan. Pada penelitian ini aktivitas kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring dengan menggunakan fitur dari Microsoft 365. Pada penelitian selanjutnya yang dilakukan secara daring peneliti bisa menggunakan dan memadukan aplikasi sejenis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263163

Actions (login required)

View Item View Item