Sudut buku di sekolah: pengelolaan, proses, dan dampak bagi siswa pendidikan dasar / Agnes Prabaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Sudut buku di sekolah: pengelolaan, proses, dan dampak bagi siswa pendidikan dasar / Agnes Prabaningrum

Prabaningrum, Agnes (2022) Sudut buku di sekolah: pengelolaan, proses, dan dampak bagi siswa pendidikan dasar / Agnes Prabaningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah mempunyai tanggung jawab atau peranan yang penting untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa. Kegiatan literasi bertujuan untuk (1) memberikan pengetahuan melalui informasi yang dapat memenuhi kebutuhan siswa (2) mempersiapkan siswa dalam memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi dan (3) untuk menghadapi tantangan-tantangan di masa mendatang. Sarana dan prasarana yang baik dapat menunjang kelancaran Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Salah satu usaha yang dapat dilaksanakan guna menciptakan iklim literasi di sekolah adalah dengan menyediakan sudut buku kelas. Maka penelitian dilakukan untuk mengetahui pengelolaan proses dan dampak sudut buku kelas secara lebih mendalam bagi siswa pendidikan dasar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode metateori untuk mendeskripsikan tujuan penelitian berdasarkan hasil kajian pustaka yang berkaitan dengan pengelolaan proses dan dampak sudut buku bagi siswa pendidikan dasar. Data penelitian ini berupa paparan verbal. Sumber data diperoleh dari jurnal nasional dan internasional bereputasi melalui media cetak dan elektronik. Kriteria pemilihan sumber data yaitu kredibilitas penulis akurasi sumber data objektifitas sumber data dan kelengkapan sumber data. Sumber data bab pengelolaan sudut buku 28 jurnal proses pemanfaatan sudut buku 25 jurnal dan dampak positif sudut buku 28 jurnal. Instrumen penelitian berupa matriks metateori. Matriks metateori disusun dengan urutan deskripsi sumber data kutipan data deskripsi data dan kesimpulan sementara. Teknik pengumpulan data adalah teknik membaca kritis. Selanjutnya analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap persiapan penganalisaan dan penyimpulan akhir. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa pengelolaan sudut buku kelas dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu mendesain sudut buku kelas memperkaya koleksi buku sesuai karakter siswa dan melakukan pengaturan penataan dan menetapkan peraturan. Sudut buku dapat dimanfaatkan pada waktu istirahat di tengah pembelajaran dan setelah pulang. Sudut buku dapat dimanfaatkan untuk kegiatan literasi secara individu maupun kelompok. Kegiatan individu seperti membaca 15 menit atau membaca kritis. Kegiatan kelompok seperti berdiskusi tentang suatu topik pada buku. Dampak positif sudut buku bagi siswa yaitu (1) menumbuhkan minat baca membuat siswa menjadi gemar membaca meningkatkan kemampuan literasi meningkatkan prestasi mengasah kreatifitas memupuk sikap tanggungjawab dan mengajari siswa untuk toleransi. Saran peneliti tentang sudut buku kelas yaitu (1) untuk keberlangsungan sudut buku kelas perlu dukungan dari semua pihak agar buku bacaan dapat terus diperbaharui dan semakin nyaman ditempati (2) peneliti selanjutnya dapat meneliti kendala yang dihadapi selama pemanfaatan sudut buku kelas agar dapat lebih mengoptimalkan pemanfaatan sudut buku nantinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263161

Actions (login required)

View Item View Item