Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe SWIP (search, write, interpret, and present) untuk meningkatkan berfikir kritis dan keaktifan siswa pada mata pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 10 Malang/ Ngafifudin Muslih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe SWIP (search, write, interpret, and present) untuk meningkatkan berfikir kritis dan keaktifan siswa pada mata pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 10 Malang/ Ngafifudin Muslih

Muslih, Ngafifudin (2020) Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe SWIP (search, write, interpret, and present) untuk meningkatkan berfikir kritis dan keaktifan siswa pada mata pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 10 Malang/ Ngafifudin Muslih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan model pembelajaran bertujuan untuk menciptakan dasar dalam praksis pembelajaran membentuk kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur yang sistematis dalam mengorganisir pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembalajaran. Setiap siswa tentunya memiliki karakteristik dan cara belajar masing-masing. Pentingnya model pembelajaran berguna untuk menjawab permasalahan-permasalahan belajar siswa yang semakin beragam. Pengembangan model bertujuan untuk menambah keberagaman dan dapat dijadikan sebagai pilihan dalam menentukan model yang akan diterapkan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Seperti halnya pengembangan model pembelajaran SWIP yang bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis dan keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah. Sebab itu perlu adanya model-model pembelajaran baru yang terus dikembangkan dan diklasifikasikan sesuai dengan kebutuhan tujuan pendidikan dan karakteristik siswa dalam belajar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan metode R amp D (Research and Developmen). Produk pengembangan yaitu berupa model pembelajaran SWIP (search write interpret and present). Subjek uji coba yaitu kelas XI IPS 4 SMAN 10 Malang yang terletak di Jl. Danau Grati No. 1 Sawojajar Kedungkandang Kota Malang berjumlah 36 siswa terdiri dari 18 laki-laki dan 18 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan penelitian Pertama pengembangan yang berhasil dilakukan yaitu berupa sintak model pembelajaran SWIP. Tahap pertama search yaitu siswa mencari dengan menggali informasi berdasarkan masalah yang akan dipecahkan. Write aktifitas belajar yang dilakukan yaitu mencatat atau menulis materi yang dianggap penting dan dijadikan sebagai bahan atau materi diskusi. Interpret aktifitas belajar selanjutnya yaitu siswa melakukan interpretasi atau menafsirkan materi yang telah dikumpulkan pada tahap belajar sebelumnya dalam kelompok kecil. Present yaitu mempresentasikan hasil karyanya tersebut secara bergantian di depan kelas dan ditanggapi kelompok lain. Kedua hasil peningkatan berpikir krtis siswa yaitu 81% kategori sangat kritis dan keaktifan siswa memperoleh 87% kategori sangat aktif. Dimana siswa mampu menganalisis karakteristik setiap aspek dalam berpikir kritis seperti menjelaskan menilai dasar keputusan menduga membuat pengandaian mengintregasikan kemampuan dan keaktifan seperti Visual Activities Oral Activites Listening Activities Emotional Activities . Saran yang diberikan untuk pengembangan selanjutnya yaitu agar model SWIP juga dapat dikolaborasikan dengan model-model pembelajaran lainnya seperti berbasis study tour ke berbagai peninggalan-peninggalan sejarah pembelajaran interaktif berbasis internet atau teknologi agar lebih menarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263160

Actions (login required)

View Item View Item