Pengembangan media pembelajaran sejarah melalui lirik lagu iwan fals berbasis adobe flash untuk meningkatkan minat dan kemampuan berfikir kritis siswa kelas xii di SMA Negeri 1 Batu / Amitha Mustika Dhamayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah melalui lirik lagu iwan fals berbasis adobe flash untuk meningkatkan minat dan kemampuan berfikir kritis siswa kelas xii di SMA Negeri 1 Batu / Amitha Mustika Dhamayanti

Dhamayanti, Amitha Mustika (2021) Pengembangan media pembelajaran sejarah melalui lirik lagu iwan fals berbasis adobe flash untuk meningkatkan minat dan kemampuan berfikir kritis siswa kelas xii di SMA Negeri 1 Batu / Amitha Mustika Dhamayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dhamayanti Amitha Mustika 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Melalui Lirik Lagu Iwan Fals Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas XII di SMA Negeri 1 Batu. Tesis. Program Studi Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ari Sapto M.Hum. (II) Dr. R. Reza Hudiyanto M.Hum. Kata kunci media pembelajaran lirik lagu Iwan Fals Adobe Flash minat kemampuan berfikir kritis Orde Baru. Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi pada gilirannya menjadikan penggunaan media pembelajaran sebagai salah satu kebutuhan utama dalam rangka membantu peserta didik selama proses pembelajaran. Media pembelajaran pada umumnya berbentuk instrumen multimedia yang didalamnya terdapat penggabungan teks grafik audio gambar gerak dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi berinteraksi berkreasi dan berkomunikasi. Dalam proses pembelajaran sejarah inovasi media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang memiliki peranan penting karena berkaitan dengan meningkatnya minat belajar dan peningkatan kemampuan berfikir peserta didik. Meskipun demikian pada praktiknya tidak sedikit guru mata pelajaran sejarah yang masih menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran. Hal inilah yang menjadi kendala umum dalam proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Batu. Berangkat dari permasalahan diatas penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran Sejarah berbasis Adobe Flash pada materi Perkembangan kehidupan politik ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru yang layak memenuhi kriteria kevalidan keefektifan kemenarikan dan praktis untuk siswa kelas XII dalam matapelajaran Sejarah Indonesia. Lagu-lagu yang termuat dalam media pembelajaran yang dikembangkan ialah tiga lagu karya Iwan Fals dengan judul Bongkar Bento dan Isi Rimba Tak Ada Tempat Berpijak Lagi. Penelitian ini menggunakan model Hannafin dan Peck meliputi tiga fase utama yaitu fase penilaian kebutuhan desain serta pengembangan dan implementasi dimana ketiga fase tersebut dihubungkan dengan fase evaluasi dan revisi. Data yang didapatkan dalam penelitian ini berasal dari observasi dan wawancara yang dilakukan selama penelitian di lapangan. Dalam pengumpulan data melalui observasi peneliti mnggunakan referensi dalam wujud berbagai sumber tertulis dalam penyusunan materi pembelajaran guna melakukan pengecekan keabsahan data. Hasil validasi menunjukkan 1) ahli validasi materi memperoleh skor 86% yang menunjukkan kriteria ldquo valid rdquo 2) validasi ahli media memperoleh skor 97% yang menunjukkan kriteria ldquo valid rdquo 3) hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan rerata skor kepraktisan 92% dengan kriteria ldquo praktis rdquo 4) hasil uji coba kelompok besar memperoleh rerata kepraktisan oleh siswa 76% dengan kriteria ldquo praktis rdquo 5) hasil uji coba kelompok besar rerata keefektifan mendapatkan skor rerata 81% dengan kriteria ldquo efektif rdquo 7) hasil uji coba kelompok besar dalam hal minat dengan perbandingan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen ialah 54 % untuk kelas control yang masuk dalam kategori ldquo cukup berminat rdquo serta 87% untuk kelas eksperimen 8) hasil uji coba kelompok besar dalam hal tingkat kemampuan berfikir kritis melalui pre-test dan post-test dengan perbandingan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen ialah 66.05 pada saat pre-test menjadi 69 08 pada saat post-test untuk kelas control yang masuk dalam kategori ldquo cukup kritis rdquo serta 69.00 pada saat pre-test menjadi 80 00 pada saat post-test untuk kelas eksperimen yang masuk dalam kategori ldquo kritis rdquo Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Melalui Lirik Lagu Iwan Fals Berbasis Adobe Flash dapat membantu meningkatkan Minat dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas XII di SMA Negeri 1 Batu karena memenuhi kriteria kevalidan keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari keberadaan fasilitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Batu yang sangat mendukung diterapkannya media pembelajaran melalui lirik lagu berbasis Adobe Flash.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263153

Actions (login required)

View Item View Item