Pengaruh model pembelajaran multiliterasi sosial terhadap motivasi dan hasil belajar geografi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pracimantoro / Annisa Septiasari Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran multiliterasi sosial terhadap motivasi dan hasil belajar geografi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pracimantoro / Annisa Septiasari Pertiwi

Pertiwi, Annisa Septiasari (2020) Pengaruh model pembelajaran multiliterasi sosial terhadap motivasi dan hasil belajar geografi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pracimantoro / Annisa Septiasari Pertiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pertiwi Annisa Septiasari. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Sosial Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Pracimantoro. Tesis. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si (2) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd. M.Si. Kata kunci Model Pembelajaran Multiliterasi Sosial Motivasi Hasil Belajar Geografi. Kegiatan belajar Geografi di kelas masih banyak ditemukan beberapa masalah diantaranya hasil belajar. Jika hasil belajar rendah kemungkinan ada indikasi pembelajaran Geografi yang belum maksimal. Hasil belajar yang rendah diantaranya disebabkan oleh model yang digunakan kurang menarik materi yang diberikan kurang jelas serta sarana dan prasarana pembelajaran yang tidak maksimal. Sehingga dibutuhkan alternatif pembaharuan salah satunya dengan penggunaan model Multiliterasi Sosial. Model ini dirasa cocok diinovasikan dengan materi Kependudukan karena dapat mengembangkan minat baca peserta didik mengkomunikasikan informasi yang didapatkan dan melatih peserta didik untuk lebih kreatif dan produktif. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) pengaruh model Multiliterasi Sosial terhadap motivasi belajar (2) pengaruh model Multiliterasi Sosial terhadap hasil belajar Geografi (3) interaksi secara simultan antara model Multiliterasi Sosial dan motivasi terhadap hasil belajar Geografi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest posttest control group a design. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberikan model Multiliterasi Sosial dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan model. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pracimantoro XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk data motivasi test untuk hasil belajar kognitif jurnal penilaian sikap untuk data hasil belajar afektif dan rubrik penilaian sikap untuk hasil belajar psikomotorik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan MANOVA dengan menggunakan SPSS 23 for Windows. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) ada pengaruh model Multiliterasi Sosial terhadap motivasi ini karena penggunaan berbagai jenis literasi dalam kegiatan belajar membuat peserta didik lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran (2) ada pengaruh model Multiliterasi Sosial terhadap hasil belajar Geografi ini karena penggunaan model yang variatif menjadikan pembelajaran lebih bermakna sehingga pemahaman peserta didik meningkat dan berdampak pada hasil belajar (3) ada interaksi secara simultan antara model Multiliterasi Sosial dengan motivasi terhadap hasil belajar Geografi ini karena adanya interaksi antara guru dengan peserta didik menjadikan pembelajaran jadi lebih kolaboratif sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kecocokan antara tahapan model pembelajaran Multiliterasi Sosial dengan motivasi belajar yang cukup tinggi berdampak pada meningkatnya hasil belajar Geografi. Saran yang diberikan peneliti yaitu agar sekolah memperbaharui literasi-literasi yang digunakan dalam kegiatan belajar serta pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263150

Actions (login required)

View Item View Item