Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbasis geoliteracy dan skemata terhadap kemampuan berfikir spasial / Dian Puspita Anggreni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbasis geoliteracy dan skemata terhadap kemampuan berfikir spasial / Dian Puspita Anggreni

Anggreni, Dian Puspita (2020) Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbasis geoliteracy dan skemata terhadap kemampuan berfikir spasial / Dian Puspita Anggreni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berfikir spasial memiliki kaitan yang sangat erat dengan materi geografi. Materi geografi yang mengkaji berbagai fenomena geosfer memerlukan kemampuan berfikir spasial untuk memahami substansinya. Siswa yang memliki kemampuan berfikir spasial yang kurang akan mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi dan menganilisis fenomena geosfer. Indikator kemampuan berfikir spasial ditandai dengan komparasi keruangan pengaruh keruangan region transisi spasial hirarki spasial analog keruangan pola keruangan dan asosiasi keruangan. Model pembelajaran GIGL dengan memperhatikan skemata siswa merupakan alternatif yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berfikir spasial siswa. Model pembelajaran GIGL yang menekankan pada kegiatan penyelidikan fenomena geosfer mengarahkan siswa untuk aktif menggunakan skematanya dalam membentuk strukur kognitif. Tujuan dari penelitian berikut untuk mengetahui pengaruh model GIGL dan skemata terhadap kemampuan berfikir spasial. Metode penelitian yang digunakan berupa 2x2 factorial group design. Subjek yang digunakan dibagi menjadi kelompok eksperimen dengan model GIGL dan kelompok kontrol dengan model konvensional. Subjek yang dipilih adalah siswa SMA N 1 Pracimantoro Kabupaten Wonogiri. Siswa yang dipilih sebagai kelompok eksperimen adalah siswa X IPS 2 dan kelompok kontrol siswa X IPS 3. Instumen yang digunakan terdiri dari soal berfikir spasial dan soal skemata. Penganalisisan data menggunakan Two Way Anova SPSS 22 for Windows. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) Model GIGL memiliki pengaruh terhadap kemampuan berfikir spasial. 2) Skemata memiliki pengaruh terhadap kemampuan berfikir spasial. 3) Model GIGL dan skemata memiliki hubungan interaktif terhadap kemampuan berfikir spasial. Saran yang dapat diajukan dari keterlaksanaan penelitian berikut yakni peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan penelitian kebermaknaan dari penerapan model GIGL untuk melngetahui posisi pengetahuan siswa apakah telah masuk pada memori kerja jangka panjangm atau pendek.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263149

Actions (login required)

View Item View Item