Pengembangan media pembelajaran sistem informasi geografi berbasis website pada SMA Kelas X IPS / Awanda Taufiqurrohman Al-matna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sistem informasi geografi berbasis website pada SMA Kelas X IPS / Awanda Taufiqurrohman Al-matna

Al-matna, Awanda Taufiqurrohman (2021) Pengembangan media pembelajaran sistem informasi geografi berbasis website pada SMA Kelas X IPS / Awanda Taufiqurrohman Al-matna. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran yang baik dapat memotivasi siswa untuk belajar dan dapat merangsang rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang diajarkan. Media pembelajaran yang sering digunakan adalah media pembelajaran cetak. Penggunaan media pembelajaran cetak cepat membuat siswa bosan dan dapat menurunkan minat belajar siswa sehingga siswa memerlukan media pembelajaran yang inovatif. Salah satu media pembelajaran inovatif adalah media pembelajaran berbasis Website. Penggunaan Website sebagai media pembelajaran Geografi memiliki beberapa kelebihan dan kemudahan. Kemudahan inilah yang membuat peneliti ingin menggunakan media pembelajaran geografi berbasis website sebagai salah satu media pembelajaran interaktif untuk digunakan di SMA kelas X IPS dengan materi Sistem Informasi Geografis. Model pengembangan media pembelajaran melalui Website dikembangkan dari model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yaitu R amp D (Research and Development). Karena keterbatasan waktu biaya dan pandemic Covid-19 maka model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall tersebut dimodifikasi untuk disesuaikan dengan pengembangan yang akan dilakukan. Peneliti menggunakan 8 langkah dari 10 langkah yang dilakukan Borg and Gall. Delapan langkah ini didapat dengan meniadakan langkah kedelapan (operational field testing) dan langkah kesembilan (final product revision) hal ini dilakukan dengan asumsi hasil penelitian akan tetap valid dengan hanya dilakukan delapan langkah saja. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan melibatkan validator yaitu dosen pembimbing ahli dalam bidang media dan ahli dalam bidang materi. Subjek dalam hal penelitian dan pengembangan media pembelajaran dengan Website ini akan diuji cobakan pada peserta didik SMA kelas X IPS di SMAN 1 Mojo Kediri. Produk yang telah direvisi yang didasarkan pada uji coba lapangan menunjukkan bahwa kualitas media berdasarkan aspek tampilan mendapatkan rata-rata 83 8% aspek isi atau materi mendapatkan 78 6% dan aspek pembelajaran 79 2%. Hasil tersebut kemudian diinterpretasikan berdasarkan tabel kriteria kelayakan produk multimedia BSNP (2006) yang menyatakan bahwa nilai prosentase diatas 80% memiliki kriteria sangat baik. Oleh karena itu aspek materi dan pembelajaran memerlukan perbaikan atau revisi. Berdasarkan hasil uji coba produk website yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di tingkat SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263137

Actions (login required)

View Item View Item